Di Publish Pada Tanggal : Jumat, 14 Juli 2017 15:23 WIB

Koalisi Semangka Efektif Menang di Pilgub Jawa Timur

Surabaya, HanTer - Pengamat politik dari lembaga Surabaya Survey Center Surokim menyampaikan koalisi "semangka" atau hijau-merah diprediksi efektif di bursa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur 2018.
 
"Realitas politik Jatim memang didominasi kalangan Nahdliyin dan nasionalis sehingga wajar jika kedua kalangan itu akan menjadi kekuatan penting dalam geopolitik di sini," ujarnya ketika dikonfirmasi di Surabaya, Jumat, (14/7/2017).
 
Prediksi tersebut, kata dia, juga berdasarkan data yang dihasilkan dari penelitiannya Juni 2017, yaitu mayoritas masyarakat Jatim menginginkan Gubernurnya dari kalangan NU.
 
"Publik Jatim berpendapat, jika calon Gubernurnya dari kalangan NU maka seyogyanya pendampingnya dari kalangan politisi, terutama dari kalangan nasionalis," ucapnya.
 
Ia menyampaikan 24,4 persen publik Jatim berpendapat bahwa koalisi "semangka", sedangkan 16,9 persen persen publik Jatim yang menginginkan cawagubnya juga dari NU, kemudian 11,4 persen yang berpendapat cagub harusnya dari kalangan Muhammadiyah.
 
Sementara, responden yang menjawab sebaiknya cawagub dari unsur pengusaha sebanyak 8,9 persen, birokrat 5,9 persen, artis 0,4 persen, dan sisanya menjawab tidak tahu atau tidak menjawab.
 
"Karena itulah menilik data tersebut semakin mengukuhkan koalisi hijau-merah semakin terbukti efektif di Pilkada Jatim," kata dosen Universitas Trunojoyo Madura tersebut.
 
Sebagian besar publik yang memilih sebaiknya cawagub dari kalangan politikus-nasionalis, lanjut dia, beralasan bahwa koalisi tersebut mewakili representasi politik Jatim yang secara umum terbagi dalam dua kutub besar, yakni NU dan Nasionalis.
 


(Anu)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats