Di Publish Pada Tanggal : Jumat, 14 Juli 2017 22:59 WIB

Pengguna Tol Jakarta-Cikampek Keluhkan Kemacetan Makin Parah

Bekasi, HanTer - Para pengguna Jalan Tol Jakarta-Cikampek mengeluhkan kemacetan yang terjadi di ruas tol itu pascaperayaan Idul Fitri 1438 Hijriah atau Lebaran 2017 sebagai imbas dari pengerjaan sejumlah proyek infrastruktur di sekitar tol itu.

Keluhan itu antara lain disampaikan Saban Jr (51) yang harus menghabiskan waktu tiga jam untuk menempuh perjalanan dari Cikarang Pusat ke Bekasi Timur.

"Dari Gerbang Tol Cikarang Pusat menuju Gerbang Tol Bekasi Timur saja butuh tiga jam, padahal sebelumnya cuma butuh 30 menit," kata Saban Jr (51) di Bekasi, Jumat (14/7/2017)

Menurut dia, kepadatan kendaraan itu terjadi hampir sepanjang 11 kilometer yang tersebar di sejumlah titik lintasan Tol Jakarta-Cikampek mulai dari Gerbang Tol Cikarang Utama hingga Bekasi Timur.

Kepadatan lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek pada jam pulang kantor terpantau mulai dari pertemuan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) hingga ke GT Cikarang Utama, demikian pula arah sebaliknya.

Kendaraan di lokasi itu bergerak hanya dengan kecepatan rata-rata 0-40 kilometer per jam.

Secara terpisah Juru Bicara PT Jasa Marga Dwi Christianto mengatakan mulai Juli 2017, kemacetan di ruas Jakarta-Cikampek akan bertambah karena pada saat bersamaan ada empat proyek yang tengah dikerjakan.

Proyek tersebut adalah pembangunan Jalan Tol Layang (elevated) Jakarta-Cikampek, pembangunan kereta ringan atau Light Rapid Transit (LRT) Jakarta-Bekasi Timur, pengerjaan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung dan Jalan Tol Cibitung-Cilincing di Simpang Susun Cibitung KM25.

"Pada 6 Juli 2017 pembangunan Tol Layang Jakarta-Cikampek sepanjang 36 KM sudah dimulai pembangunannya dengan investasi Rp16,23 triliun," katanya.

Proyek itu terdiri dari sembilan seksi yakni, seksi Cikunir-Bekasi Barat sepanjang 2,29 kilometer, seksi Bekasi Barat-Bekasi Timur 3,63 kilometer, seksi Bekasi Timur-Tambun 4,34 kilometer, seksi Tambun-Cibitung 3,30 kilometer.

Selanjutnya Seksi Cibitung-Cikarang Utama 4,46 kilometer, Cikarang Utama-Cikarang Barat 2,27 kilometer, Cikarang Barat-Cibatu 3,16 kilometer, Cibatu-Cikarang Timur 2,45 kilometer dan Cikarang Timur-Karawang Barat 9,79 kilometer.

Proyek Tol Layang Jakarta-Cikampek ditargetkan seledai dan beroperasi pada 2019.


(zamzam)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats