Di Publish Pada Tanggal : Kamis, 07 September 2017 06:36 WIB

Bakal Digelar, Festival Pesona Geopark Nasional Merangin Dijamin Meriah

Jambi, HanTer - Indonesia mempunyai banyak kawasan geopark yang menarik wisatawan mancanegara maupun domestik. Jumlah kunjungan wisatawannya pun terus meningkat, salah satunya di Jambi yang akan menggelar Festival Pesona Geopark Nasional Merangin (FPGNM) di Taman Batu Merangin, 11-14 Septembar 2017 mendatang. 
 
Festival ini akan dibukan oleh Gubernur Jambi, Zumi Zola dan bakal dimeriahkan dengan berbagai kegiatan dan lomba seperti pameran, bazaar, seni pertunjukan Tari Sayak, Tari Pisang, Tari Sikadam, Tari Lukah Gilo dan sejumlah tari khas Merangin lainnya.
 
Untuk lebih meriah, pesertanya bakal datang dari berbagai penjuru Tanah Air. Semua akan mengambil start di Desa Air Batu Kecamatan Renah Pembarap.
 
Festival yang rencananya akan menjadi agenda tahunan nasional Kabupaten Merangin setiap bulan September ini diharapkan dapat meningkatkan animo masyarakat dan memperkenalkan objek wisata geopark, agar lebih dekat kepada masyarakat dan wisatawan.
 
Geopark Merangin telah diusulkan masuk dalam warisan dunia berdasarkan penilaian jaringan UNESCO. Ini juga upaya meraih pengakuan internasional (UNESCO) sebagai warisan dunia.
 
Menteri Pariwisata Arief Yahya selalu mengingatkan agar segera mengurus persyaratan administratif dan didaftarkan ke UNESCO. Lalu dikawal ketat, agar usulan itu betul-betul diterima dengan baik dan lengkap. 
 
"Kalau sudah diakui UNESCO maka, levelnya naik, value-nya naik, dan layak dikembangkan sebagai destinasi yang harus dipromosikan," katanya, Selasa (5/9/2017). 
 
Ditambahkannya, festival ini akan lengkap jika ada destinasi yang kuat. Status Taman Bumi itu akan menguatkan Jambi, ketika diakui dunia. Tapi, sebagai festival Menpar berharap event itu ramai dikunjungi orang.
 
Selain aneka kegiatan lomba dan budaya, FPGNM juga diisi kegiatan Arung Jeram di Sungai Batang Merangin Air Batu, dan perkemahan di kebun durian milik Pemkab Merangin, di kawasan Geopark Merangin. 
 
Rute arung jeramnya dijamin eksotis, seluruhnya bakal menerabas Sungai Batang Merangin. Pemandangan fosil-fosil Geoperk Merangin bisa dinikmati di sana.
 
Ada ajang olahraga sepeda di Geopark MTB, lomba fotografi, festival kuliner khas Jambi, gelar wisata budaya, serta dimeriahkan artis Ibu Kota Bobby Boliwood dan Rizky Nur Fauzi pemain sinetron Ganteng-ganteng Srigala (GGS).
 
Khusus untuk festival kuliner, FPGNM memilih jenis kuliner yang khas. Sebut saja sambal Sala bance ikan baung, gulai tekuyung pucuk pakis, sambal letuk bawang kucai, gulai rebung ikan tapah, sambal caluk senggop, dan gulai cangkuk. 
 
Sedangkan, festival kuliner nantinya berpusat di empat rumah makan, yakni RM Valencua, Hidayah, Parentak, dan Masakan Salero Dusun. 


(Romi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats