Di Publish Pada Tanggal : Kamis, 09 November 2017 08:08 WIB

Bencana Banjir di Pekanbaru, Polisi Bentuk Tim SAR

Pekanbaru, HanTer - Kepolisian Resor Kota Pekanbaru membentuk tim pencarian dan penyelamatan atau "search and rescue" (SAR) menyusul bencana banjir di ibukota Provinsi Riau akibat peningkatan curah hujan sejak awal pekan ini. 
 
"Mengamati perkembangan debit air yang naik akibat hujan serta angin kencang beberapa hari ini, seluruh personel kita siagakan untuk melakukan antisipasi termasuk membentuk tim SAR," kata Wakil Kepala Polresta Pekanbaru, AKBP Edy Sumardi di Pekanbaru, Rabu (8/11/2017) 
 
Personel SAR tersebut nantinya akan terdiri dari personel Sabhara Polresta Pekanbaru yang diperkuat dengan Bagian Operasi. 
 
Nantinya, tim SAR akan terhubung dengan personel Bagian Operasi Polresta Pekanbaru yang bertugas dalam memetakan daerah rawan banjir, baik itu di jalanan maupun yang terjadi di pemukiman warga. 
 
Tim tersebut juga akan tetap berkoordinasi bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta instansi terkait lainnya. 
 
"Tim Satlantas Polresta Pekanbaru juga akan kita terjunkan ke jalanan apabila terjadi genangan air. Tim nanti bertugas melakukan rekayasa lalu lintas dan mengurai kemacetan di titik banjir," ujarnya. 
 
Selain itu, Polresta Pekanbaru juga telah menginstruksikan kepada jajaran Polsek agar turut siaga banjir dengan menyiagakan tempat-tempat penampungan jika diperlukan. 
 
Langkah itu juga harus dilengkapi dengan peningkatan patroli apabila ada masyarakat yang terpaksa mengungsi atau meninggalkan rumah apabila terendam banjir. 
 
Seluruh langkah itu diambil jajaran Polresta Pekanbaru menyusul bencana banjir yang mulai terjadi di Kota Pekanbaru menyusul peningkatan curah hujan pekan ini. 
 
Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru, Burhan Gurning mengatakan terdapat sejumlah wilayah yang mulai tergenang banjir. Di antaranya, kawasan perumahan di Cipta Karya Panam, serta beberapa titik di Kecamatan Rumbai tepatnya Jalan Nelayan, Perumahan Witayu. 
 
Selanjutnya banjir turut terpantau di sekitaran Sungai Batak, Kantor Lurah Simpang Baru Panam serta simpang BPG Tenayan Raya. 
 
Meski banjir mulai melanda sejumlah pemukiman warga, ia mengatakan situasi masih terpantau kondusif. "Belum ada yang mengungsi atau meninggalkan rumah," ujarnya.


(Ant)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats