Di Publish Pada Tanggal : Sabtu, 16 Desember 2017 21:25 WIB

Bupati Klungkung Ajak Masyarakat Produksi Beras Lokal

Klungkung, HanTer - Guna meningkatkan kesejahteraan petani di Kabupaten Klungkung, Bali, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menghelat program inovatif dengan melakukan peningkatan dan pemanfaatan terhadap beras lokal. Program inovatif tersebut diberi nama “Beli Mahal Jual Murah” yang merupakan program kerjasama antara pemerintah Kabupaten Klungkung dengan Koperasi Unit Desa (KUD).
 
“Dengan adanya program ini saya berharap kesejahteraan petani di Kabupaten Klungkung lebih meningkat dengan hasil penjualan gabah yang meningkat. Selain itu, program ini juga untuk menghindari pembelian oleh tengkulak yang sewaktu-waktu bisa menjatuhkan harga. Dalam penyaluran beras lokal saya ingin mengajak Koperasi, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Swalayan yang berbasis koperasi,” ujar Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Sabtu (16/12/2017).
 
Program “Beli Mahal Jual Murah” merupakan cara pemerintah untuk bekerjasama dengan menggandeng Koperasi Unit Desa (KUD) agar dapat membeli langsung gabah petani dengan harga lebih mahal dari harga yang ada dipasaran. Selain itu, beras yang dihasilkan oleh petani selanjutnya akan dilepas kepasaran dengan harga yang lebih murah dari harga biasanya.
 
“Dengan metode seperti ini jalur distribusi gabah dan pendistribusian beras dapat dipangkas. Yakni gabah tidak lagi dikirim keluar daerah untuk digiling dan beras bisa langsung didistribusikan langsung ke masyarakat dan dengan program ini Pemerintah akan terus berusaha mengembangkan Koperasi dan UKM yang ada di Kabupaten Klungkung,” ungkap Suwirta.
 
Ia juga berharap dengan adanya peninjauan langsung yang dilakukan oleh Menteri Koperasi dan UKM, mulai pembelian gabah yang ada petani hingga penyaluran beras lokal bagi PNS dan pemasarannya melalui koperasi, BUMDes dan Swalayan yang berbasis koperasi semoga bisa menjadi motivasi dari pelaksanaan program-program ekonomi kerakyatan dan kebersamaan dalam membangun ekonomi di Kabupaten Klungkung.
 
Di samping itu, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Republik Indonesia Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga menyambut dengan baik program tersebut. Ia menilai perkembangan Koperasi di Kabupaten Klungkung sudah baik. Dirinya juga sangat  mengapresiasi peran koperasi dalam menyejahterakan masyarakat dan ikut berperan dalam ketahanan pangan.
 
“Perkembangan koperasi di Kabupaten Klungkung sudah baik. Untuk lebih meningkatkan kualitas koperasi dan UKM, diperlukan dukungan dan peran pemerintah dalam hal kebijakan. Seperti pemberian bunga rendah kepada para pelaku UKM yang berdampak pada peningkatan produksi," papar Puspayoga.


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats