Di Publish Pada Tanggal : Kamis, 28 Juni 2018 23:04 WIB

Kadishub Samosir Tersangka Kasus Tenggelamnya KM Sinar Bangun

Medan, HanTer - Polda Sumatera Utara (Sumut) menetapkan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Samosir sebagai tersangka atas insiden tenggelamnya Kapal Motor Kayu Sinar Bangun di Danau Toba.

Kadishub Samosir yang berinsial NS ditetapkan tersangka setelah penyidik melakukan gelar perkara, Selasa (26/6/2018).

"Kadishub dianggap lalai," kata Kapolda Sumut, Irjen Pol Paulus Waterpauw kepada wartawan di Mapolda Sumut, Kamis (28/6).

Paulus mengatakan, saat ini total ada lima orang yang menjadi tersangka. Pihaknya masih terus melakukan pendalaman atas kasus ini.

Ditambahkan lagi ada peran yang dianggap suatu kelalaian yang dilakukan oleh Kadishub Kabupaten Samosir itu saat kejadian tenggelamnya kapal tersebut.

"Umumnya ada (peran) di situ karena surat izin berlayar pengawasan dan sebagainya itu diserahkan ke kabupaten karena ini kan hasil penjelasan dari kepala dinas provinsi," beber Paulus.

Dalam kasus ini, Polda Sumut juga menetapkan empat orang tersangka, yakni Nakhoda KM Sinar Bangun Poltak Soritua Sagala, Kepala Pos Pelabuhan Simanindo Kabupaten Samosir Golpa F Putra, Kepala Bidang Angkutan Sungai dan Danau Perairan (ASDP) Kabupaten Samosir Rihad Sitanggang dan anggota Kapos Pelabuhan Simanindo Karnilan Sitanggang.

Sementara itu, untuk data penumpang sesuai dengan data antemortem diterima oleh tim DVI Polda Sumut sebanyak 125 orang.

Kemudian dari informasi terkini, tim SAR baru hasil mengevakuasi 22 orang, terdiri 18 orang diselamatkan dalam keadaan selamat dan empat orang dievakuasi dalam kondisi sudah dalam kondisi tidak bernyawa.


(danial)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats