Di Publish Pada Tanggal : Senin, 09 Januari 2017 23:46 WIB

Pemilihan Anggota Kabinet Tes Besar Trump Minggu Ini

Washington, HanTer - Senat akan melakukan dengar pendapat pada pekan ini terkait nominasi dari Presiden terpilih Amerika Serikat Donald Trump untuk posisi puncak dikabinet seperti sekretaris negara serta jaksa agung, di mana para kandidat harus memberikan tes kemampuan untuk mampu bekerjasama dengan Partai Republik di Kongres guna menetapkan undang-undang.
 
Tantangan Trump adalah untuk memastikan 100 anggota Senat yang terdiri dari 52 orang berasal dari Partai Republik, tetap bersama-sama untuk mengkonfirmasi pilihan kabinetnya guna memberikan kelancaran transisi kekuasaan ketika raja real estate asal New York itu mengambil alih kekuasaan dari Presiden asal Demokrat Barack Obama pada 20 Januari mendatang.
 
Sebanyak tujuh dengar pendapat akan berlangsung minggu ini, dimulai pada hari Selasa dengan dengar pendapat untuk Senator Jeff Sessions pada tawaran untuk menjadi Jaksa Agung, kemudian sesi untuk pensiunan Jenderal John Kelly, yang dipilih Trump sebagai pimpinan Departemen Pertahanan Tanah Air atau Homeland Security (DHS).
 
Senat asal Demokrat yang akan menghadiri agenda tersebut sebagai oposisi akan mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang proposal Keimigrasian Trump, terhadap kedua kandidat tersebut, seperti sumpahnya untuk membangun dinding di sepanjang perbatasan AS dengan Meksiko dan janji untuk menghentikan imigrasi sementara dari daerah dianggap mengekspor terorisme.
 
Acara dengar pendapat tersebut cenderung menunjukkan seberapa baiknya pemilihan Trump terkait pendatang baru dalam kabinetnya serta timnya di partai Republik saat mempersiapkan agenda legislatif secara luas yang meliputi pengerjaan ulang hukum kesehatan dan reformasi pajak yang ditandatangani oleh Obama.
 
"Saya pikir Anda akan melihat Senat dari Partai Republik berdasarkan nominasi Trump mampu melakukan hubungan kerjasama yang produktif ke depannya," kata ahli strategi Partai Republik Ryan Williams. 
 
"Itu akan menumbuhkan niat baik dan kolaborasi yang akan memungkinkan pemerintah untuk bekerja dengan Partai Republik, karena pasti akan ada perbedaan dan mereka pasti mampu mengatasinya di beberapa poin," tambahnya.
 
Lima nominator lainnya memiliki agenda dengar pendapat pada hari Rabu, hari yang sama bagi Trump adalah untuk melakukan konferensi pers pertamanya sejak terpilih sebagai presiden di New York.
 
Mereka antara lain Rex Tillerson, calon untuk Menteri Luar Negeri AS, Betsy DeVos, untuk Menteri Pendidikan, Mike Pompeo ditunjuk sebagai Direktur CIA, calon Menteri Perdagangan Wilbur Ross, dan kandidat Menteri Tenaga Kerja Andrew Puzder.
 
Juru bicara Trump, Sean Spicer menyatakan keyakinannya jika semua akhirnya akan dikonfirmasi. "Kami memiliki para bintang yang mampu dipercaya sebagai nominasi. Saya pikir setiap satu dari mereka akan dikonfirmasikan dengan tidak hanya oleh orang Republik, tetapi juga oleh orang Demokrat," tegas Sean Spicer.


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats