Di Publish Pada Tanggal : Sabtu, 11 Februari 2017 22:50 WIB

PBB Sambut Baik Rampungnya Proses Pemilihan Presiden Somalia

New York, HanTer - Dewan Keamanan (DK) PBB pada Jumat waktu setempat atau Sabtu (11/2/2017) WIB, menyambut baik selesainya proses pemilihan umum yang berlangsung di Somalia dan terpilihnya Presiden baru di negeri itu.
 
Pada Rabu (8/2/2017), Mohamed Abdullahi Farmajo, mantan perdana menteri di pemerintah federal peralihan Somalia antara 2009 dan 2010, terpilih sebagai Presiden baru Somalia.
 
Di dalam satu pernyataan Presiden yang disahkan di Markas Besar PBB, New York, Dewan Keamanan --yang memiliki 15 anggota-- menyambut baik kemajuan politik dan keamanan di Somalia sejak 2012 dan menggaris-bawahi perlunya untuk mempertahankan momentum ke arah pemerintahan yang demokratis di Somalia.
 
DK menggaris-bawahi pentingnya mengenai penunjukan menteri dan posisi kabinet secara transparan dan tepat waktu melalui konsultasi dengan Parlemen Somalia, kata pernyataan itu.
 
Anggota DK juga menyeru Presiden Farmajo dan pemerintahnya agar memberi perhatian mendesak pada resiko kelaparan, melakukan tindakan aktif untuk mencegahnya, dan menangani konsekuensi kemarau parah di Somalia. Statistik PBB memperlihatkan lima juta orang Somalia --lebih dari 40 persen penduduk negeri itu-- tidak memiliki makanan yang layak.
 
Presiden baru Somalia harus menghadapi banyak tantangan yang dihadapi negeri tersebut termasuk ancaman keamanan dari kelompok fanatik Ash-Shabaab dan situasi kemanusiaan parah.
 
Selain itu, Somalia adalah satu dari tujuh negara dengan mayoritas warga Muslim yang warga mereka dilarang memasuki Amerika Serikat selama 90 hari oleh perintah eksekutif Presiden Donald Trump, yang kini dibekukan oleh pengadilan AS.


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats