Di Publish Pada Tanggal : Rabu, 12 Juli 2017 03:20 WIB

Tillerson: Posisi Qatar dalam Krisis Diplomatik

Doha, HanTer - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Rex Tillerson mengatakan Qatar memiliki pandangan "wajar" dalam krisis diplomatik yang telah berlangsung sejak lima minggu lalu dengan blok negara-negara Arab yang dipimpin Arab Saudi. Tillerson membuat komentar tersebut setelah bertemu dengan Emir Sheikh Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani dan menteri luar negeri negara itu di Doha, Selasa (11/7/2017).
 
"Saya berharap kita dapat membuat beberapa kemajuan untuk membawa ini ke sebuah titik resolusi. "Saya pikir Qatar cukup jelas dalam posisinya dan saya pikir sangat masuk akal dan kami ingin berbicara sekarang bagaimana kita membawa maju, dan itulah tujuan saya datang kesini," katanya setelah bertemu dengan emir Qatar.
 
Diplomat tertinggi AS melakukan perjalanan ke Qatar sebagai bagian dari tur Teluk Persia untuk memecahkan keretakan lima minggu antara Doha dan beberapa negara Arab. Menjelang kunjungannya ke Doha, Tillerson berhenti di Kuwait, yang masih berusaha menengahi perselisihan tersebut.
 
Tillerson akan mengunjungi Arab Saudi sebelum meninggalkan kawasan Teluk Persia pada hari Kamis. Dia akan mengadakan pertemuan dengan para menteri luar negeri dari empat negara yang terlibat dalam perselisihan tersebut pada hari Rabu di Riyadh.
 
Sebelumnya, Departemen Luar Negeri AS telah memperingatkan bahwa krisis tersebut bisa berlangsung berbulan-bulan dan Tillerson tidak berharap untuk menghasilkan sebuah terobosan, namun sebaliknya, ingin mengeksplorasi kemungkinan untuk membawa semua pihak ke meja perundingan.
 
Krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya di kawasan Teluk Persia dibuka pada tanggal 5 Juni, ketika Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab dan Mesir memotong hubungan diplomatik dengan Qatar dan memberikan embargo udara, tanah dan laut ke negara tersebut atas klaim bahwa Doha mendukung terorisme. 


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats