Di Publish Pada Tanggal : Senin, 08 Januari 2018 20:12 WIB

Kapal Tanker Iran yang Terbakar Beresiko Meledak dan Tenggelam

Shanghai, HanTer - Sebuah kapal tanker minyak Iran yang terbakar di lepas pantai China berisiko meledak atau tenggelam, pihak berwenang mengatakan Senin (8/1/2018). Mereka pun melaporkan bahwa tidak ada tanda-tanda korban selamat setelah 36 jam kapal tersebut meledak dan bercengkrama dengan api.
 
Api besar masih berkecamuk di sekitar kapal yang dilanda kebakaran, yang telah membawa 136.000 ton minyak ringan, dengan panas dan asap hitam tebal mengepul dari kapal dan laut sekitarnya.
 
Tim penyelamat yang berusaha mencapai awak 30 orang Iran dan dua warga Bangladesh dipukul mundur oleh awan beracun, kata kementerian transportasi China.
 
Kapal tanker Sancho yang berukuran 274 meter (899 kaki) "dalam bahaya meledak atau tenggelam," kata kementerian tersebut.
 
Kecelakaan itu terjadi pada Sabtu malam 160 mil laut timur Shanghai.
 
Kapal tanker, yang dioperasikan oleh Glory Shipping Iran, menuju ke Korea Selatan saat kapal tersebut bertabrakan dengan sebuah kapal kargo berbendera Hong Kong, CF Crystal, membawa 64.000 ton gandum.
 
Sepuluh kapal pemerintah dan "banyak kapal nelayan" membantu upaya penyelamatan dan pembersihan yang sedang berlangsung, kata kementerian transportasi, menambahkan bahwa sebuah kapal penjaga pantai Korea Selatan juga berada di tempat kejadian.
 
Sebuah pesawat Angkatan Laut AS berpartisipasi dalam pencarian pada hari Minggu, menjelajahi area yang luas sebelum kembali ke Pangkalan Udara Kadena di Okinawa, Jepang.
 
Kementerian Perminyakan Iran mengatakan bahwa kapal tanker tersebut milik National Tanker Company Iran (NITC) dan menyerahkan kargonya ke Total Hanwha Korea Selatan. Kapal dan muatannya diasuransikan, kata sebuah pernyataan.
 
Itu adalah kecelakaan kedua dalam waktu kurang dari dua tahun yang melibatkan kapal tanker milik NITC. Pada bulan Agustus 2016 sebuah supertanker Iran dan sebuah kapal kontainer bertabrakan di Selat Singapura, menyebabkan kerusakan pada kedua kapal namun tidak mengalami cedera atau polusi.


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats