Di Publish Pada Tanggal : Sabtu, 08 April 2017 21:59 WIB

Dukung Asian Games 2018, Kemenhub Genjot Pengembangan Sarana Transportasi

Jakarta, HanTer – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggenjot pengembangan sarana dan prasarana transportasi menjelang gelaran Asian Games ke-18 di Palembang dan Jakarta, yang berlangsung pada tahun 2018 mendatang.

Sekretaris Jenderal Kemenhub Sugihardjo mengatakan saat ini pihaknya terus mengembangkan Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, pembangunan Light Rail Transit (LRT) Palembang, Kereta Bandara Soekarno Hatta, serta pemberian bantuan bus rapid transit (BRT).

Untuk Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, jelas Sugihardjo, dimulai dari perluasan paralel taxi way, perluasan kargo, perluasan apron, serta penambahan garbarata. Hal serupa juga dilakukan pada Bandara Soekarno Hatta.

"Untuk bandara di Palembang, kapasitas terminal juga kita perluas dari 3.2 juta pax/tahun menjadi 4 tahap sampai tahap ultimate  sebesar 15 juta pax/tahun. Untuk perluasan kapasitas bandara Soetta, diharapkan dapat meningkat dari 72 gerakan/jam menjadi 86 gerakan/jam,” terang Sugihardjo saat mendampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), mengunjungi Palembang, Sabtu (8/4/2017), seperti keterangan tertulisnya.

Sementar terkait LRT Palembang, Sekjen Kemenhub menjelaskan bahwa konstruksi LRT ditargetkan selesai pada bulan Februari 2018 sepanjang 23,5 km dengan 13 stasiun yang menghubungkan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II sampai Stadion Jaka Baring. Sampai dengan tanggal 31 Maret 2017 progres pembangunan LRT mencapai 39% dari target sebesar 34%.

"LRT target selesainya pada Februari 2018. Setelah Februari ada commisioning test yaitu test track sarananya selama 3 bulan. Sehingga keseluruhan dari sisi prasarana, sarana dan sistem operasinya akan siap operasi pada bulan Juni 2018," terang Sugihardjo.

Selain itu, Sugihardjo juga menjelaskan dukungan Kemenhub lainnya melalui transportasi darat, yaitu pemberian bantuan  bus rapid transit (BRT) kepada Pemerintah Kota Palembang mulai tahun 2009 sebanyak 15 unit, tahun 2015 sebanyak 50 unit, dan tahun 2016 sebanyak 39 unit.

"Total bis yang sudah kita berikan sebanyak 104 bus mulai tahun 2009 sampai dengan 2016 dan nanti pada saat Asian Games 2018 kita berencana untuk menyewa sekitar 250 bus untuk digunakan di Jakarta dan Palembang, karena kalau kita berikan lagi dan setelah acara selesai tidak terpakai akan mubazir," jelas Sesjen.

Dukungan lain pada sisi darat adalah pengadaan dan pembangunan pengaturan persimpangan dengan menggunakan teknologi informasi (ATCS) di kota Palembang dan pemasangan perlengkapan jalan.

Lebih lanjut, untuk menyambut kedatangan serta fasilitas angkutan bagi peserta Asian Games yang datang di Bandara Soekarno Hatta, Kemenhub sudah menargetkan kereta Bandara Soekarno Hatta selesai pada Juli 2017 sesuai arahan Presiden Jokowi.

 


(Akbar)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus
free web stats