Di Publish Pada Tanggal : Jumat, 23 Februari 2018 20:30 WIB

Dana Kelolaan BPJS Ketenagakerjaan Tembus Rp321 Triliun

Jakarta, HanTer – BPJS Ketenagakerjaan mencatatkan kinerja positif di awal tahun 2018 ini. Hal ini mengacu pada pertumbuhan di sektor pengelolaan dana investasi yang mencapai Rp321 triliun, atau meningkat 24,38 persen dibanding Januari 2017.

Sementara itu, iuran terkumpul per Januari 2018 tercatat sebesar Rp3,54 triliun, naik 21,65 persen dari capaian Januari 2017 sebesar Rp2,91 triliun. Tak hanya itu, capaian positif juga tercermin dari pertumbuhan peserta sebesar 45,12 juta dengan peserta aktif 26,36 juta orang per Januari 2018, atau meningkat 10,26 persen dibanding Januari 2017.

Dari sisi jumlah pemberi kerja aktif juga mencapai target yang ditetapkan, yaitu sebanyak 495.712 dengan peningkatan sebesar 35,22% dari periode yang sama tahun 2017.  Sedangkan, realisasi pembayaran klaim dan jaminan pada Januari 2018 sebesar Rp2,13 miliar.

"Kami harap kinerja yang sudah dicapai dengan baik ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan agar di penghujung 2018 nanti, capaian yang diraih memuaskan," kata Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto usai penyerahan penghargaan Lomba Jurnalistik BPJS Ketenagakerjaan di Restoran Batik Kuring, Jakarta, Jumat (23/2/2018).

Agus mengatakan, saat ini pihaknya terus melakukan pengembangan strategi-strategi yang mendukung proses bisnis BPJS Ketenagakerjaan dalam melindungi seluruh pekerja di Indonesia. “Mengawali tahun 2018 ini, kami terus berupaya memberikan perlindungan terbaik bagi seluruh pekerja, salah satunya juga dengan melakukan integrasi sistem yang lebih mutakhir,” paparnya.

 Transformasi Digital

Lebih lanjut, Agus mengatakan, pihaknya juga tengah fokus untuk melakukan transformasi digital di seluruh sistem untuk peningkatan kapasitas demi pelayanan yang lebih optimal kepada peserta. Salah satu transformasi digital itu adalah dengan meluncurkan program Perisai dengan sistem keagenan.

Melalui Perisai, setiap pekerja khususnya bukan penerima upah atau informal dapat mendaftarkan diri langsung melalui aplikasi yang dapat diakses lewat agen Perisai. Selanjutnya aplikasi pendaftaran bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan program Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan (GN Lingkaran) yang merupakan program donasi.

“Transformasi digital ini upaya kami bagaimana jaminan sosial bisa beperan untuk membantu negara akibat ekses-ekses disruptif. (Contohnya) Progam Perisai yang melibatkan (memberdayakan) masyarakat untuk menjadi agen Perisai,” ujarnya.
 

 

 

 


(Arbi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus
free web stats