Di Publish Pada Tanggal : Kamis, 05 Juli 2018 23:59 WIB

BUMDes Daerah Ini Tingkatkan Produksi Minyak Nilam

Sumsel, HanTer - Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Muara Medak, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, berupaya meningkatkan produksi minyak nilam yang bisa dijadikan obat luka dan bahan pendukung pembuatan kosmetika, karena prospek bisnisnya cukup cerah.


 "Usaha pembuatan minyak nilam yang dikembangkan desa ini sejak tiga tahun terakhir itu memiliki prospek cerah karena harganya cukup tinggi sekitar Rp600.000 per liter. Melihat kondisi tersebut diupayakan produksinya ditingkatkan," kata pengelola BUMDes Muara Medak, Yadi Hermawan di Sekayu, Kamis.

Dia menjelaskan, pengembangan usaha pembuatan minyak nilam itu merupakan pemanfaatan potensi desa yang selama ini belum dokelola secara maksimal untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa.

Tanaman nilam (pogostemon cablin) yang tumbuh banyak di Desa Muara Medak, mulai dimanfaatkan sejak 2015 dengan merintis usaha pengolahan tanaman nilam menjadi obat luka.

Kegiatan usaha pengolahan daun nilam menjadi obat luka dan bahan pendukung pembuatan kosmetika yang hingga kini masih dilakukan secara tradisional itu diupayakan terus meningkat baik secara kualitas maupun kuantitasnya.

"Minyak nilam yang dihasilkan petani binaan BUMDes Muara Medak yang tiap bulannya hanya puluhan liter kualitasnya tergolong olahan grade dua (2) dengan harga jual Rp600 ribu perliter, jika produksi bisa ditingkatkan dan kualitasnya menjadi grade satu (1) harganya bisa lebih tinggi dan dapat meningkatkan kesejateraan warga desa ini," jelasnya.

 


(Arbi/Ant)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus
free web stats