Di Publish Pada Tanggal : Sabtu, 15 April 2017 20:54 WIB

IZI Targetkan 10 Rumah Singgah Pasien di 2017

Jakarta, HanTer - Lembaga Amil Zakat Nasional, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) menargetkan ketersediaan sebanyak 10 Rumah Singgah Pasien (RSP) di Indonesia hingga akhir 2017 ini. Upaya ini dilakukan duntuk membantu kesulitan pasien yang berasal dari luar kota yang notabene merupakan masyarakat miskin. 
 
Hal tersebut disampaikan Direktur Utama IZI, Wildhan Dewayana saat meresmikan RSP ke-5 yang berlokasi di Jalan Aren RT007 RW03 No.9, Kelurahan Jatipulo Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat. "Di Indonesia sudah ada 5, tahun ini ditargetkan ada 5 lagi, jadi seluruhnya 10 RSP yang tersebar di 9 Provinsi," kata dia.
 
Perhatian IZI terhadap keberadaan RSP, kata Wildhan, beranjak dari besarnya kebutuhan pasien dan keluarga di luar biaya pengobatan di rumah sakit. Apalagi di Jakarta, kebutuhan hidup cukup tinggi. "Pemerintah dan BPJS tidak menanggung biaya di luar pengobatan. Padahal,  besar sekali biaya kebutuhan hidup keluarga mereka serta kebutuhan hidup pasien yang sedang menjalani perawatan dan pengobatan," katanya,
 
Oleh karena itu, RSP ini menjadi berkah dan manfaat yang besar bagi pasien tidak mampu dari luar kota dan daerah. "Semua gratis, makan, laundry, bahkan ambulance kita sediakan," ujarnya.
 
Tak hanya itu, Wildhan berharap kehadiran IZI mampu mengambil peran strategis untuk menempatkan ataupun mengelola zakat dari kaum muslimin menjadi lebih produktif sehingga bisa dirasakan oleh banyak orang.
 
“Rumah singgah ini memang untuk warga yang kurang mampu. Anggarannya berasal dari zakat, infak, sedekah serta sumbangan dari mitra donatur. Kalau orang kaya kan masih sanggup menginap di penginapan atau tempat lainnya,” tandas Wildhan
 
Rumah singgah pasien Slipi ini menyediakan 4 ruang kamar dengan 11 kasur, 3 kamar mandi dan mushola yang nantinya akan menjadi tempat transit bagi pasien rujukan dari luar kota atau daerah. “Fasilitas RSP ini dapat dipergunakan masyarakat selama menjalani rawat jalan di RS Dharmais dan RS Harapan Kita,” ungkap Wildhan.
 
Sebelumnya, IZI juga telah meresmikan 4 RSP lainnya yakni RSP Salemba Jakarta, Semarang, Yogyakarta dan Sulawesi Selatan. Selain di empat kota tersebut, IZI juga akan mendirikan RSP beberapa kota di Indonesia, di antaranya Bandung, Padang, dan Surabaya.
 


(Arbi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats