Di Publish Pada Tanggal : Senin, 03 Juli 2017 23:59 WIB

Pasca Lebaran, Kunjungan Pasien ke RS Meningkat

Jakarta, HanTer – Tingkat kunjungan pasien hari pertama masuk pasca libur Lebaran atau Idul Fitri 1438 Hjiriah naik signifikan. Mayoritas, pasien mengeluh masalah pencernaan hingga mengalami hipertensi. 

Peningkatan kunjungan pasien tersebut rerata sebesar 30 hingga 40 persen dari hari-hari biasa. Ini terpantau di wilayah Depok, Jawa Barat, hingga Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). “Lumayan banyak yang berkunjung, mungkin karena habis libur panjang,” kata Arif Budiman, Dokter Umum di klinik swasta Depok, Jawa Barat, kepada Harian Terbit, Senin (3/7/2017).
 
Ia menguraikan, peningkatan kunjungan tersebut bisa terjadi karena dampak dari kelelahan aktifitas liburan dan pulang mudik. Selain itu, masalah saluran cerna karena terlalu intens mengonsumsi makanan yang berlemak tinggi selama Lebaran.
 
Masalah ini, kata dia, bisa diperparah apabila pasien memiliki riwayat penyakit kronik karena aktivitas fisik dan pola makan yang tidak terkendali. “Memang mayoritas pasien keluhannya berkaitan dengan tradisi lebaran. Rata-rata masalah pencernaan dan hipertensi,” ungkap Arif.
 
Hal serupa juga disampaikan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram dr HL Herman Mahaputra. Ia menyebutkan, kondisi ini memang selalu terjadi setiap tahun setelah libur panjang lebaran, dan akan kembali normal sekitar tujuh hari ke depan," katanya, dilansir Antara.
 
Menurutnya, pada hari-hari normal tingkat kunjungan di RSUD Kota Mataram mencapai hampir 1.000 pasien, jumlah itu termasuk kunjungan di ruang unit gawat darurat (UGD). Dengan terjadinya peningkatan kunjungan pasien yang mencapai 30 hingga 40 persen di hari pertama masuk kerja, kondisi sejumlah poliklinik di RSUD Mataram terlihat ramai.
 
"Termasuk pada loket pendaftaran, bahkan banyak pengunjung yang tidak mendapatkan tempat duduk sehingga terpaksa duduk di pinggir-pinggir poliklinik dan loket," tutur dia.
 
Herman yang biasa disapa dr Jack ini mengatakan, tingginya tingkat kunjungan di hari pertama ini karena selama libur Idul Fitri, pelayanan poliklinik memang tutup. Saat libur dan cuti bersama Idul Fitri, pelayanan hanya fokus di UGD, sehingga hari ini banyak pasien yang datang selain untuk berobat juga untuk kontrol rutin bagi pasien rawat jalan. "Rata-rata pasien yang datang berobat setelah lebaran mengalami gangguan di perut karena terjadinya perubahan pola makan," ujar dr Herman.
 
Dokter Herman menambahkan pasien yang datang berobat di RSUD Mataram tidak hanya warga kota, melainkan juga warga luar kota termasuk dari Pulau Sumbawa. "Meskipun kami bukan rumah sakit rujukan, tetapi banyak pasien yang senang berobat ke RSUD Mataram.”
 
Kepala Bidang Pelayanan Medik RSUD Kota Mataram dr Emiral Isfihan yang mendampingi dr Herman menambahkan, terjadinya penumpukan kunjungan kunjungan di hari pertama ini juga disebabkan semua pengunjung berpikir hari ini pasti akan ramai sehingga mereka datang pagi-pagi.
 
"Padahal kalau pada hari normal, pengunjung akan lebih tertib mengatur jadwalnya kedatangannya secara bertahap. Ada yang datang pagi dan ada juga pasien yang datang agak siangan," ujar dr Emiral. (Arbi)
 


(Arbi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats