Di Publish Pada Tanggal : Minggu, 03 September 2017 05:23 WIB

Siloam Perkenalkan Inovasi Bedah Jantung Gunakan Teknik MICS

Jakarta, HanTer – Perkembangan teknologi kesehatan terus mengalami kemajuan dari tahun ke tahun. Salah satunya dalam penanganan operasi bedah jantung, di mana kini telah beragam teknik kedokteran baru bermunculan termasuk teknologi canggih yang mendukungnya.

Di Siloam Hearth Institute (SHI) misalnya, telah sejak lama menghadirkan inovasi bedah jantung terbaru yang diberi nama Minimal Invasive Cardiac Surgery (MICS). Teknik ini hanya membutuhkan irisan sekitar 5 sentimeter dan lama perawatan pasien selama 3-4 hari, berbeda dengan teknik operasi standar pada umumnya.

Spesialis bedah thoraks kardiovaskular SHI, dr Reynold Agustinus Manullang, SpJP (K) menjelaskan, operasi bedah jantung pada umumnya memerlukan irisan besar pada dada dengan membelah tulang dada agar bisa akses ke jantung. Selain itu, proses pemulihan pasca operasi pun bisa memakan waktu berbulan-bulan.

Sementara, sambung dia, melalui teknik MICS hanya dibutuhkan irisan kecil karena menggunakan alat bantu scope berlampu yang bisa dilihat secara langsung atau melalui layar televisi. “Dokter bedah jantung hanya akan membuka dinding dada sebelah kanan sebesar 5 sentimeter dengan posisi di antara tulang iga untuk memasukkan peralatan,” kata Reynold di Jakarta, kemarin.

Teknik MICS ini bisa dilakukan pada beberapa jenis gangguan jantung seperti kasus katup (misalnya bocor katup) dimana pengobatan ini bisa memperbaiki atau mengganti bagian tersebut. Selain itu, metode ini juga bisa dilakukan pada gangguan penyempitan pembuluh darah atau penyakit bawaan jantung.

Hal senada disampaikan Ketua Siloam Heart Institute (SHI), dr. Maizul Anwar, SpBTKV. Minimnya rasa sakit serta penyembuhan yang singkat membuat pasien lebih memilih untuk melakukan MICS. Tetapi, MICS dilakukan sebagai alternatif dari open heart surgery dengan menyesuaikan kondisi pasien.

“SHI didukung dengan fasilitas yang lengkap, peralatan canggih, dan tim dokter multidisiplin untuk menangani berbagai kasus bedah jantung. Selain itu, tim SHI juga akan berdiskusi bersama untuk memastikan setiap pasien mendapatkan penanganan jantung secara maksimal,” ungkap dia.

 


(Arbi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats