Di Publish Pada Tanggal : Rabu, 05 April 2017 23:10 WIB

RI-Australia Kerja Sama Pelatihan Vokasional Masyarakat Desa

Jakarta, HanTer - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) bersama Pemerintah Australia Selatan menjalin kerja sama untuk mencari model atau konsep terbaik dalam mempercepat pembangunan desa dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa.

Menteri PDTT, Eko Putro Sandjojo mengatakan, salah satu bentuk kerja sama tersebut adalah mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan di desa, termasuk penyelenggarakan pelatihan vokasional.

“Kita bicarakan bagaimana kita bisa saling tukar menukar pengalaman, salah satunya membantu vokasional training pendidikan bagi masyarakat di desa-desa. Sehingga, masyarakat bisa lebih siap dalam mengelola pembangunan,” kata Menteri Eko di Jakarta, Rabu (5/4/2017).

Ia menerangkan, Pemerintah Australia Selatan nantinya akan membantu membuat desa percontohan, sebagai acuan pengembangan desa secara nasional. Selain fokus pada pendidikan, juga akan dibuat desa percontohan untuk sektor pertanian dan peternakan. “Nanti akan kita buat beberapa desa jadi model, akan kita supervisi sama-sama dan danai sama-sama. Ini akan kita jadikan contoh,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Menteri Bidang Investasi dan Perdagangan Australia Selatan, Martin Hamilton-Smith mengatakan pihaknya senang bisa bekerja sama dengan Indonesia dalam membangun desa.
"Kami mendorong peningkatan kerja sama di bidang pendidikan dan memperkuat keterampilan dan kapasitas sumber daya manusia terutama fasilitator dan kepala desa untuk melakukan tugas mereka," ujarnya.

Selain itu, Australia Selatan juga menjanjikan untuk dilakukannya tukar-menukar pengalaman melalui penerapan teknologi pedesaan yang sederhana untuk pertanian, padang rumput dan perikanan "Juga manajemen rantai pasokan sederhana dan keterlibatan industri," kata dia.

 

 

 


(Arbi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats