Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 04 Juli 2017 18:34 WIB

Ombudsman Pantau Sistem Penerimaan Siswa Baru

Bengkulu, HanTer - Ombudsman perwakilan Bengkulu memantau sejumlah sekolah untuk mengawasi proses penerimaan siswa baru tahun ajaran 2017/2018.

"Kami membagi tim untuk mengawasi sistem penerimaan siswa baru yang sesuai dengan aturan pemerintah," kata Asisten Ombudsman Bengkulu, Irsan Hidayat di Bengkulu, Selasa.

Ia mengatakan sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 17 tahun 2017 tentang penerimaan peserta didik baru (PPDB).

Dalam aturan itu kata dia, sebanyak 90 persen jumlah siswa baru yang diterima memakai sistem zonasi.

"Artinya dalam sekolah menengah atas tertentu, penerimaan siswa baru 90 persen harus sistem zonasi atau sekolah menengah pertama terdekat," kata dia.

Sistem ini diharapkan dapat mewujudkan pemerataan kemampuan siswa yang diterima dalam satu sekolah.

Dengan kata lain tidak ada sekolah dengan seluruh siswa unggul namun terjadi pemerataan siswa dengan kemampuan akademik tinggi, menengah dan rendah.

Menurut Irsan, Ombudsman Perwakilan Bengkulu juga membuka pos pengaduan untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk bersama-sama mengawasi sistem penerimaan siswa baru tersebut.

Masyarakat yang menghadapi permasalahan, seperti pungutan liar, penyimpangan prosedur, dan penyalahgunaan wewenang dapat mendatangi Kantor Ombudsman Bengkulu di Jalan Rafflesia Nomor 1 Kelurahan Nusa Indah atau menghubungi "call center" 137.

Laporan juga dapat disampaikan melalui pesan singkat dengan format laporan nama pelapor*nomor kartu tanda penduduk* asal provinsi*isi laporan lalu dikirim ke nomor 082137373737.

Herdi mengatakan pengaduan masyarakat dilakukan terpusat agar PPDB Tahun Ajaran 2017/2018 dapat terpetakan se-Indonesia.


(An)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats