Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 11 Juli 2017 15:07 WIB

KPAI Imbau Sekolah Hindari Orientasi Siswa Berisiko

Jakarta, HanTer – Sekolah diingatkan untuk mengindari pelaksanaan orientasi peserta didik baru yang berpotensi terjadinya tindak kekerasan hingga bullying.
 
"Pastikan tidak ada bullying, kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi," kata Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia ( KPAI) Asrorun Ni'am Shohleh dikutip keterangannya, Selasa (11/7/2017).
 
Asrorun mengatakan, orientasi merupakan tahap pengenalan lingkungan sekolah,  pengenalan guru dan teman-teman sekolah. Selain itu pemberitahuan dan kesepakatan tentang aturan tata tertib sekolah, pengenalan model pembelajaran, sumber belajar dan pemanfaatannya.
 
Dalam masa orientasi sebagai hari pertama sekolah, Asrorun juga mengimbau orang tua dapat mengantar anak ke sekolah. Terutama bagi orang tua yang anaknya baru saja mulai masuk sekolah, khususnya anak Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang masih membutuhkan bimbingan.
 
"Pastikan kepala sekolah, guru, dan lingkungan sekolah memberi teladan yang baik bagi anak, bebas dari minuman keras, narkoba, rokok, sex bebas, fenomena Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT) dan hal-hal yang bertentangan dengan falsafah Pancasila," pesan Asrorun.
 
Lebih lanjut, Asrorun mengimbau kepada setiap orangtua agar dapat mengantar anak ke sekolah di hari pertama, khususnya anak Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Antar anak ke sekolah di hari pertama masuk sekolah. Bangun hubungan emosional dengan anak, sehingga anak merasa terlindungi," ujarnya.
 
Ia juga berpesan agar orang tua dapat membangun komunikasi, tidak hanya dengan guru tetapi juga kepala sekolah dan tenaga kependidikan di sekolah. Kenali pula lingkungan teman baru dari anak, termasuk orang tua dari teman anak. 
 
 
 
 
 


(Abe)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats