Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 05 September 2017 23:38 WIB

Tiap Tahun, RI Butuh 1.980 Dokter Baru

Jakarta, HanTer - Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) menyatakan kebutuhan dokter di Tanah Air mencapai 1.980 orang per tahunnya.

"Kami sudah menghitung berapa kebutuhan tenaga dokter, diperkirakan kita akan kekurangan hingga 25.740 pada 2030 atau kekurangan setiap tahunnya," ujar Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti Kemristekdikti, Ali Ghufron Mukti dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa.

Seandainya setiap tahunnya, lanjut dia, bisa menghasilkan 8.000 dokter maka kekurangan dokter tersebut bisa diatasi. Dia menjelaskan kekurangan dokter terjadi di luar Jawa.

"Untuk menghasilkan dokter, tidak hanya masalah produksi sarjana, tetapi juga kualitas, etika profesi, penempatan, dan keberlangsungan."

Dia menjelaskan untuk menghasilkan dokter memerlukan setidaknya waktu enam tahun, karena harus menunggu banyak hal, termasuk uji kompetensi. Untuk kuliahnya saja, membutuhkan waktu empat tahun.

"Ini yang kita dorong. Kalau ada program studi harus bisa menjaga mutu, sarana prasarana harus cukup dan dosen harus jauh lebih banyak dari pada prodi lain."


(Ant)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats