Di Publish Pada Tanggal : Jumat, 27 Oktober 2017 23:37 WIB

STEI Tingkatkan Mutu Dosen dan Mahasiswa

Jakarta, HanTer – Sekolah Tinggi Ekonomi Indonesia (STEI) terus berbenah untuk meningkatkan standar mutu dan kualitas akademik dosen maupun lulusannya. Hal ini dilakukan guna mewujudkan visi STEI untuk menjadi perguruan tinggi terkemuka di ASEAN pada 2030 mendatang.

Beberapa strategi yang dilakukan, jelas Ketua STEI Ridwan Maronrong, diantaranya dengan  meningkatkan akreditasi menjadi A, baik untuk seluruh program studi (prodi) maupun secara institusi. Selain itu, juga dilakukan peningkatan mutu dan kualitas dosen.

“Saat ini 20 dosen kita sedang S-3 di luar negeri. Targetnya, 50 persen dosen di STEI sudah bergelar S-3 2030 nanti,” kata Ridwan disela Dies Natalis STEI ke-47 dan Wisuda STEI ke-44 di Jakarta, Selasa (24/10/2017).

Disamping peningkatan mutu dan kualitas, lanjut Ridwan, setiap dosen STEI juga diwajibkan untuk menghasilkan penelitian dan mempublikasikan jurnal ilmiahnya ditingkat nasional maupun internasional.

Upaya ini juga dilakukan untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan jurnal ilmiah dan publikasi internasional. “Selama ini untuk publikasi jurnal internasional kita tertinggal dibanding Malaysia dan Thailand, maka kita dorong dosen-dosen untuk aktif. Bahkan ada reward dan punishment bagi setiap dosen,” imbuhnya.

Dengan demikian, saat ini STEI telah naik peringkat dari klaster binaan menjadi madya karena hasil penelitian atau riset yang naik signifikan. STEI juga meraih peringkat pertama se DKI Jakarta kategori sekolah tinggi untuk bidang penelitian, pengabdian, penyelenggaraan kegiatan ilmiah, dan kerja sama publikasi.

Lebih lanjut, Ridwan juga mengungkapkan rencana kampusnya untuk membuka dua prodi baru, yakni Managemen Investasi dan Supply Chain Logistik. Selain itu, STEI juga akan membuka program pendidikan S-3. “Melibat perkembangan ekonomi dunia, dua prodi itu akan sangat dibutuhkan,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, STEI mewisuda sebanyak1.063 mahasiswanya. Sejak berdirinya pada 1969, hingga saat ini STEI telah melahirkan sebanyak 27.000 alumni yang telah berkiprah diberbagai bidang, khususnya bidang ekonomi. Sebanyak 5.000 mahasiswa saat ini masih menjalani pendidikan di STEI.

“Banyak yang sudah jadi pejabat, baik di swasta maupun pemerintahan. Ada juga yang jadi direktur disebuah bank,” ungkap Ridwan.


(Arbi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats