Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 07 November 2017 14:06 WIB

Raih Akreditasi A, Universitas Nasional Menuju World Class University

Jakarta, HanTer - Universitas Nasional meraih predikat sebagai Kampus Unggulan Nasional dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Predikat ini diperoleh setelah Universitas Nasional meraih peringkat Akreditasi Insitusi dengan nilai A (Sangat Baik).

Peringkat akreditasi tersebut didapatkan berdasarkan Surat Keputusan (SK) BAN PT Nomor 3891/SK/BAN-PT/Akred/PT/X/2017 tentang Status Akreditasi dan Peringkat Akreditasi Perguruan Tinggi Universitas Nasional, Jakarta, yang didapat pada Jumat (3/11).

Dalam SK yang ditetapkan di Jakarta pada 24 Oktober 2017  yang ditandatangani oleh Direktur Dewan Eksekutif BAN PT, T. Basaruddin, BAN PT memutuskan dan menetapkan dua hal yaitu Status Akreditasi  dan peringkat terakreditasi Universitas Nasional. Dalam surat keputusan tersebut status akreditasi Universitas Nasional dinyatakan Terakreditasi. Sedangkan Peringkat Terakreditasi Universitas Nasional ditetapkan dengan nilai A (Sangat Baik). 

‘’Kami sangat bersyukur atas peringkat Akreditasi Institusi dengan nilai A yang diperoleh oleh Universitas Nasional. Hal ini membuktikan bahwa Universitas Nasional telah secara konsisten menjalankan kebijakan pemerintah termasuk memberikan pendidikan berkualitas, menjalankan tata kelola kelembagaan, riset dan pembelajaran sesuai dengan standar yang berlaku di pemerintah,’’ ungkap Rektor Universitas Nasional, Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A, Jumat (3/11). 

Menurut El Amry, semua upaya dan kerja keras Universitas Nasional diarahkan untuk mencapai visinya sebagai Universitas Unggulan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang masuk sebagai 10 besar Universitas Swasta Terbaik di Indonesia dalam hal tata kelola pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan publikasi ilmiah pada tahun 2020.

‘’Dengan diperolehnya Akreditasi Institusi dengan nilai A, kami sangat optimis dapat mencapai visi tersebut,’’ tegasnya. Saat ini, Universitas Nasional merupakan salah satu dari 100 perguruan tinggi terbaik di Indonesia berdasarkan data KEMENRISTEK DIKTI 2017, yang menduduki peringkat ke-25 sebagai Perguruan Tinggi Swasta terbaik dari 3.126 Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia.

Meskipun demikian, pencapaian ini tak lantas membuat Universitas Nasional berpuas diri. Akreditasi Institusi dengan peringkat A ini merupakan modal bagi Universitas Nasional untuk terus bergerak maju menuju World class University.

‘’Dengan akreditasi A, Universitas Nasional telah masuk ke jajaran cluster pertama yaitu Kampus Nasional Unggulan yang artinya sejajar dengan Perguruan Tinggi Negeri lainnya di Indonesia. Kampus di cluster pertama ini akan didorong untuk menjadi world class university oleh pemerintah,’’ ungkap Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T., M.T.

Untuk menyiapkan hal tersebut, lanjut Iskandar, Universitas Nasional akan fokus pada tiga hal. Yaitu peningkatan kualifikasi tenaga pendidikan dan kependidikan, sarana dan prasarana serta sistem pembelajaran.

‘’Untuk tenaga pendidikan atau dosen, program beasiswa S3 yang telah berjalan akan terus ditingkatkan sehingga nanti mayoritas dosen UNAS minimal akan berpendidikan S3. Selain itu, karyawan UNAS juga akan disekolahkan sehingga memiliki kualifikasi IT yang mumpuni untuk ditempatkan di unit kerja masing-masing,’’ tuturnya.

Di bidang sarana dan prasarana, kata dia, Universitas Nasional akan meningkatkan sarana pembelajaran laboratorium dan multimedia dan peningkatan kualitas akademik.

‘’Kita akan fokus pada peningkatan kualitas akreditasi program studi dan mendorong dibukanya program Magister dan Doktoral. Saat ini, seluruh program studi di Universitas Nasional terakreditasi A dan B, nantinya semua kita dorong terakreditasi A,’’ tegasnya. 


(Safari)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats