Kanselir Jerman Akan Gunakan Semua Kekuatan Melawan Perubahan Iklim
Foto : Kanselir Jerman Angela Merkel

Berlin, HanTer - Dalam pesan tahun barunya, Kanselir Jerman Angela Merkel, bertekad memerangi perubahan iklim dengan segenap kekuatannya untuk memungkinkan generasi masa depan hidup dalam kedamaian dan kemakmuran.

"Pemanasan global adalah nyata. Ini mengancam. Naiknya suhu dunia dan masalah yang diciptakan oleh pemanasan global adalah buatan manusia," kata Merkel dalam rekaman pidato yang akan disiarkan pada Selasa (31/12/2019).

"Jadi kita harus melakukan segala yang manusiawi untuk mengatasi tantangan tersebut. Itu masih mungkin. Pada usia 65, saya berada pada usia di mana saya tidak akan lagi mengalami semua konsekuensi dari perubahan iklim yang akan terjadi jika politisi tidak bertindak," tambah Merkel.

"Adalah anak-anak dan cucu-cucu kita yang harus hidup dengan hasil dari perbuatan dari apa yang kita lakukan atau kita tidak lakukan hari ini. Itulah sebabnya saya menggunakan semua kekuatan saya untuk memastikan bahwa Jerman memberikan kontribusinya - secara ekologis, ekonomi, sosial - agar perubahan iklim dapat dikendalikan," ujarnya.

Ia juga meminta Jerman untuk berpikir inovatif dalam mengatasi tantangan yang timbul dari pemanasan global. "Untuk melakukan ini, kita harus berpikir dengan cara baru, mencoba melakukan hal-hal baru, dan bertindak lebih cepat agar memastikan generasi-generasi mendatang dapat hidup di bumi dengan baik," pintanya.