Pesawat Tempur Israel Lancarkan Serangan ke Jalur Gaza yang Terkepung

Hermansyah
Pesawat Tempur Israel Lancarkan Serangan ke Jalur Gaza yang Terkepung
Roket ditembakkan selama latihan militer oleh gerakan perlawanan Palestina Hamas dan sesama faksi di Kota Gaza pada 29 Desember 2020.

Gaza, HanTer - Militer Israel mengatakan jika pesawat tempurnya telah melakukan serangan udara di Jalur Gaza yang terkepung. Pesawat itu menyerang sasaran militer milik gerakan perlawanan Hamas di Gaza, katanya dalam sebuah pernyataan pada hari Senin (18/1/2021).

Ia mengklaim bahwa serangan tersebut terjadi sebagai tanggapan atas dugaan serangan roket yang diluncurkan dari Gaza menuju pantai dekat kota Ashdod di wilayah pendudukan. Meski demikian tidak ada laporan kerusakan apapun dari serangan tersebut. Sumber militer Israel mengatakan roket telah mendarat di Laut Mediterania.

Sementara itu, pusat Informasi Palestina mengutip sumber-sumber lokal yang mengatakan bahwa sebuah pesawat perang Israel menembakkan dua roket ke satu posisi serta lahan pertanian di timur kota Rafah di Gaza selatan, menyebabkan kerusakan material.

Menurut laporan itu, jet tempur Israel lainnya menembakkan dua roket ke posisi timur kota Khan Yunis, sehingga menghancurkan properti pribadi di dekatnya.

Rezim Israel sering melancarkan serangan terhadap posisi di daerah kantong yang diblokade, menuduh kelompok perlawanan di sana meluncurkan roket.

Gaza telah berada di bawah pengepungan Israel yang melumpuhkan sejak Juni 2007. Blokade telah menyebabkan penurunan standar hidup serta tingkat pengangguran yang belum pernah terjadi sebelumnya dan kemiskinan yang tak henti-hentinya di Jalur Gaza.

Sejak 2008, Israel telah melancarkan tiga perang melawan Gaza, menewaskan ribuan warga Palestina.