Senator Klobuchar Sebut Hari Ini Demokrasi AS Bangkit di Awal Pelantikan Joe Biden sebagai Presiden AS 
Foto : Senator Amy Klobuchar

Washington, HanTer - Senator Amy Klobuchar merefleksikan pentingnya pelantikan hari ini di Capitol Amerika Serikat, setelah kerusuhan di tempat yang sama dua minggu lalu. Hal itu menjadi sambutan pembuka dalam pelantikan Joe Biden menjadi presiden Amerika Serikat ke-46, Rabu (20/1/2021) siang waktu setempat.

"Ini adalah hari ketika demokrasi kita bangkit, membersihkan debu dan melakukan apa yang selalu dilakukan Amerika, maju sebagai bangsa di bawah Tuhan, tak terpisahkan, dengan kebebasan dan keadilan untuk semua," katanya di awal upacara.

ia juga mengatakan ketika negara membalik halaman, terserah pada setiap orang untuk "mengambil obor demokrasi kita" untuk menjadi alat kebaikan.

"Kami berjanji hari ini untuk tidak pernah menerima demokrasi kami begitu saja karena kami merayakan kekuatannya yang luar biasa. Kami merayakan ketahanannya, ketabahannya," kata Klobuchar.

Upacara ini adalah puncak dari 244 tahun demokrasi," kata Klobuchar, menambahkan, "Ini adalah momen ketika para pemimpin di bawa ke panggung atas keinginan rakyat berjanji untuk setia pada Konstitusi kita, untuk menghargai dan mempertahankannya."

Saat hujan salju turun di Capitol Hill, Klobuchar merujuk pada perbedaan yang mencolok dengan pemandangan hanya 14 hari sebelumnya. "Dua minggu lalu, ketika gerombolan kekerasan yang marah melancarkan pemberontakan dan menodai kuil demokrasi kita ini, hal itu menyadarkan kami untuk tanggung jawab kami sebagai orang Amerika," katanya.

Menysul kemudian, Senator Republik Roy Blunt merujuk pada serangan 6 Januari di Capitol AS, mengatakan bahwa itu "mengingatkan kita bahwa pemerintah untuk menyeimbangkan dan memeriksa dirinya sendiri, rapuh dan tangguh."

Blunt menyebut upacara pelantian Biden ini sebagai momen untuk menyatukan Amerika Serikat setelah serangan tersebut.

“Ini bukan momen perpecahan. Ini adalah momen penyatuan. Pemerintahan baru dimulai dan membawa serta permulaan baru. Dan dengan itu, debat nasional kita yang hebat maju dan demokrasi yang ditentukan akan terus menjadi lebih penting dalam mengejar persatuan yang lebih sempurna dan masa depan yang lebih baik bagi semua orang Amerika," ucapnya.