Iran Tangkap Mata-mata Israel

Hermansyah
Iran Tangkap Mata-mata Israel
Ilustrasi mata-mata

Jakarta, HanTer - Agen intelijen Iran telah menangkap beberapa mata-mata yang terkait dengan luar negeri, termasuk mata-mata Israel, di barat laut negara itu, seorang pejabat dari kementerian intelijen mengatakan pada hari Senin (5/4/2021).

"Seorang mata-mata Israel dan beberapa mata-mata lain yang memiliki hubungan dengan dinas keamanan berbagai negara telah ditangkap di provinsi Azerbaijan Timur Iran," direktur jenderal intelijen di provinsi itu mengatakan kepada wartawan media pemerintah, kantor berita semi-resmi Fars melaporkan.

Pejabat intelijen, yang tidak disebutkan namanya dalam laporan media pemerintah, tidak memberikan rincian lebih lanjut, termasuk apakah mata-mata Israel adalah warga negara Israel, atau non-Israel yang bekerja untuk badan intelijen Israel, Mossad.

Pejabat itu juga tidak mengatakan kapan penangkapan itu terjadi. Sebelumnya, mereka yang dinyatakan bersalah oleh pengadilan Iran karena memata-matai Republik Islam itu sering menghadapi hukuman mati.

Azerbaijan Timur adalah provinsi Iran yang terletak di barat laut Iran, dengan Tabriz sebagai ibukotanya. Provinsi yang berbatasan dengan Armenia dan Republik Azerbaijan ini adalah rumah bagi jutaan etnis Azeri.

#Mata-mata   #Spy   #Iran   #Israel