Koalisi Arab Kembali Cegat Drone Houthi

Hermansyah
Koalisi Arab Kembali Cegat Drone Houthi
Ilustrasi drone Houthi yang dilumpuhkan koalisi Arab

Jakarta, HanTer - Koalisi Arab kembali mencegat sekaligus menghancurkan drone bermuatan bahan peledak yang diluncurkan oleh milisi Houthi yang didukung Iran menuju Arab Saudi. Drone itu dicegat di atas wilayah udara Yaman kata juru bicara koalisi Kolonel Turki al-Maliki pada hari Kamis (8/4/2021).

Lebih lanjut, juru bicara koalisi itu mengatakan jika milisi melanjutkan upaya bermusuhannya untuk menargetkan warga sipil di Kerajaan, yang harus dianggap sebagai kejahatan perang. "Koalisi mengambil tindakan operasional untuk melindungi warga sipil sesuai dengan hukum humaniter internasional," menurut al-Maliki.

Kelompok yang didukung Iran telah melancarkan lusinan serangan udara ke Arab Saudi dalam beberapa bulan terakhir, menargetkan wilayah sipil dan fasilitas energi di Kerajaan dengan drone bermuatan bahan peledak dan rudal balistik.

Bulan lalu, Arab Saudi mengusulkan inisiatif perdamaian baru untuk mengakhiri konflik yang sedang berlangsung di Yaman antara pemerintah yang diakui secara internasional dan Houthi yang didukung Iran. “Kami akan bekerja dengan komunitas internasional, dengan mitra kami dan dengan pemerintah Yaman untuk mendorong prakarsa ini dilaksanakan," kata Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran Faisal.

"Kami akan melakukan semua yang kami bisa untuk memberikan tekanan yang diperlukan pada Houthi untuk menerima dan datang ke meja perundingan dan meletakkan senjata, karena kami percaya bahwa menghentikan pertempuran dan fokus pada solusi politik adalah satu-satunya jalan ke depan,” tambahnya.

Serangan berkelanjutan Houthi terhadap Kerajaan mengkonfirmasi penolakan kelompok itu terhadap semua upaya perdamaian yang dilakukan oleh Kerajaan, kata Kementerian Pertahanan Arab Saudi setelah milisi menyerang terminal distribusi minyak di Jazan bulan lalu.

#Drone   #Houthi   #ArabSaudi   #Koalisi   #Iran   #