Hari Rabu Ini Iran akan Mulai Memperkaya Uranium dengan Kemurnian 60 Persen

Hermansyah
Hari Rabu Ini Iran akan Mulai Memperkaya Uranium dengan Kemurnian 60 Persen
Ilustrasi fasilitas pengayaan uranium Iran di Isfahan

Jakarta, HanTer - Iran akan mulai memperkaya uranium dengan kemurnian 60 persen mulai hari Rabu (14/4/2021)., kepala negosiator nuklir Iran Abbas Araghchi mengumumkan pada hari Selasa (13/4/2021).

"Iran telah memberitahu Badan Energi Atom Internasional (IAEA) tentang rencananya untuk memulai pengayaan 60 persen uranium pada hari Rabu," kata Araghchi di Wina yang merupakan Wakil Menteri Luar Negeri Iran itu.

Pengumuman itu muncul setelah serangan pada hari Minggu di Natanz, situs nuklir utama di Iran tengah, di mana Teheran telah meminta pertanggungjawaban musuh bebuyutan Israel.

Otoritas Iran menggambarkan serangan itu sebagai "terorisme nuklir" dan bersumpah akan membalas dendam. Israel belum mengomentari insiden tersebut.

"Iran akan segera mengganti sentrifugal yang rusak dalam serangan Minggu di Natanz, serta memasang 1.000 sentrifugal tambahan dengan kapasitas pengayaan 50 persen lebih tinggi di situs nuklir," kata Araghchi.

Tak lama setelah pengumuman itu, media pemerintah Iran melaporkan bahwa pembicaraan yang dijadwalkan pada Rabu di Wina antara Iran dan kekuatan dunia yang bertujuan untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir Iran 2015 telah ditunda hingga Kamis, karena anggota delegasi Uni Eropa ada yang tertular virus Corona.

Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei mengatakan pada Februari lalu, bahwa Teheran mungkin memperkaya kemurnian uranium hingga 60 persen jika negara itu membutuhkannya.

“Tingkat pengayaan uranium Iran tidak akan dibatasi hingga 20 persen. Kami akan tingkatkan ke tingkat apa pun yang dibutuhkan negara. Kami dapat meningkatkannya hingga 60 persen," kata Khamenei saat itu.

#Uranium   #Iran   #Pengayaan   #60persen   #JCPOA