Iran Tingkatkan Produksi Vaksin Covid-19 Coviran Barekat Hingga 25 Juta Dosis per Bulan

Hermansyah
Iran Tingkatkan Produksi Vaksin Covid-19 Coviran Barekat Hingga 25 Juta Dosis per Bulan
Ilustrasi produksi massal untuk vaksin virus Corona Coviran Barekat yang dilakukan Iran

Jakarta, HanTer - SETAD Iran telah menerima pengiriman peralatan gelombang kedua yang diperlukan untuk produksi massal untuk vaksin virus Corona Coviran Barekat karena konglomerat industri tersebut berencana untuk meningkatkan produksi hingga 25 juta dosis per bulan.

Kantor bea cukai Iran IRICA mengatakan pada hari Senin (26/4/2021), bahwa mereka telah menyelesaikan kiriman besar mesin dan peralatan yang diimpor oleh SETAD untuk dipasang di pabrik pembuatan vaksinnya yang terletak di dekat ibu kota Teheran.

Wakil ketua IRICA Jamal Arvanaghi berada di bandara Imam Khomeini di Teheran untuk mempercepat bea cukai kargo dua hari setelah dia mengawasi pelepasan batch pertama peralatan pembuatan vaksin yang diimpor oleh SETAD.

Arvanaghi mengatakan kargo tersebut telah dibeli dari pemasok di China meskipun dia bersikeras bahwa mesin tersebut terdiri dari suku cadang berkualitas tinggi yang dibuat oleh merek internasional utama dan dirakit di China.

“Melalui peluncuran mesin-mesin ini di lini produksi Coviran Barekat, produksi vaksin akan meningkat hingga 20-25 juta dosis per bulan,” ujarnya.

Batch pertama peralatan pembuatan vaksin yang diimpor pada hari Sabtu terdiri dari mesin dan suku cadang yang digunakan dalam proses pencucian botol otomatis serta peralatan yang ditempatkan di ruang bersih.  

Coviran Barekat adalah kandidat vaksin teratas Iran untuk mengimunisasi penduduk negara itu dari pandemi virus Corona. Suntikan yang dikembangkan oleh para ilmuwan Iran memulai fase ketiga dan terakhir dari uji klinis selama akhir pekan.

Sebelumnya, Kepala SETAD Mohammad Mokhber mengatakan bahwa sekitar satu juta dosis vaksin akan tersedia untuk suntikan publik pada akhir bulan kalender saat ini hingga 21 April. Ia juga mengatakan produksi akan meningkat hingga lebih dari tiga juta dosis bulan depan sebelum melonjak hingga di atas 10 juta dosis per bulan di awal musim panas.