'Gadis Bencana' Dijual Rp6,8 miliar

yp
'Gadis Bencana' Dijual Rp6,8 miliar
Foto: BBC/Getty Image & David Roth

AS – Gambar Gadis Bencana ini pernah begitu terkenal pada masanya. Kini, gadis kecil yang difoto itu masih 4 tahun telah duduk di perguruan tinggi. Ia menjual foto asli gambar yang telah melahirkan banyak meme itu setara Rp6,8 miliar.

World of Buzz menyebutkan gambar anak perempuan dengan senyum yang sulit diterjemahkan di gambaritu adalah Zoe Roth. Dalam foto yang diambil Dave Roth, ayah Zoe, itu tampak wajah anak perempuan tersenyum dengan latar rumah yang terbakar. Senyum anak itu suit diterjemahkan.

Gambar itu kemudian menjadi meme yang viral di jagat internet. Tahun ini, Zoe Roth berusia 21 tahun. Ia memutuskan menjual gambar meme aslinya sebagai NFT dengan harga 473.000 dolar AS atau sekitar Rp6,8 miliar!

Menurut BBC News, foto asli itu diambil di lingkungan tempat tinggal mereka di Mebane, North Carolina, pada Januari 2005. 

Kebakaran sengaja dibuat dengan mengsongkan tempat itu sehingga kebakaran dapat dikendikan. Gambar itu menjadi terkenal secara online setelah memenangkan hadiah fotografi pada tahun 2008.

Berbicara kepada The New York Times, Zoe mengatakan senang melihat orang-orang kreatif membuat versi meme yang berbeda dari fotonya. Zoe yang sekarang mahasiswi ini menjual fotonya kepada seorang kolektor bernama @ 3FMusic sebagai NFT (Token non-fungible) seharga 180 Ethereum.

NFT tidak dapat dipertukarkan dan hanya digunakan untuk merepresentasikan karya seni digital. Sebelumnya, seorang seniman menjual seni rumah virtual 3D miliknya seharga 500.000 dolar AS sebagai NFT, dan seorang seniman Malaysia dari Penang juga menjual karya seninya sebagai NFT. (yp)