Wanita Muda Tenggak Racun Usai Diarak Telanjang karena Selingkuh

yp
Wanita Muda Tenggak Racun Usai Diarak Telanjang karena Selingkuh
Ilustrasi/foto: pixabay

INDIA - Wanita muda ini diperlakukan hina dengan amat tak manusiawi. Ia akhirnya menjemput maut usai diarak keliling tetangga dalam keadaan tanpa busana karena ketahuan selingkuh. 

India Times melaporkan   insiden pengarakan itu terjadi di Desa Betaga Sabroom pada 4 Mei 2021. Dua hari sebelumnya, video asusila dugaan perselingkuhan wanita 23 tahun itu diputar di layar besar di pasar setempat.

Usai menonton sejumlah tetangga berkumpul di depan rumah wanita itu. Selang dua hari, mereka kembali. 

Mereka memerlakukan wanita itu dengan brutal. Rambutnya dipotong dan mengikatnya lalu mengaraknya keliling dalam keadaan telanjang. 

Usai dihina sebegitu rupa, wanita itu pulang. Ia menenggak racun hingga tewas di tempat. 

Keluarga tak terima dengan perlakuan yang membuat wanita itu akhirnya bunuh diri. Mereka pun melaporkan sejumlah tetangga yang melakukan tindakan tak manusiawi hingga membuat wanita itu bunuh diri. 

 Menurut MyAdvo, berbagai pengadilan di India telah memulai proses hukum berdasarkan laporan media, telegram, dan surat yang diterima oleh orang-orang yang dirugikan, membuat Suo Moto menyadari masalah tersebut. Suo Moto adalah istilah Latin yang terjadi ketika lembaga pemerintah, pengadilan, atau otoritas pusat lainnya mengambil kendali atas masalah atau kasus itu sendiri.

Pengadilan menyebut kasus itu sebagai "pelanggaran hak asasi manusia yang paling berat". Responden diminta mengajukan jawaban mereka dalam waktu 24 jam.

Pengadilan juga menginstruksikan pihak berwenang mengirim rekaman video yang diputar di pasar serta meminta keterangan keluarga korban.

"Jika ada foto atau rekaman video yang tersedia dari insiden yang dituduhkan, hal yang sama harus dibuat di hadapan pengadilan," demikian pengadilan.

Bisa saja wanita salah karena berselingkuh. Tapi mengadilinya dengan cara yang di luar batas kemanusiaan juga bentuk kesalahan. (yp)