Delegasi Senior Hamas di Kairo Membahas Situasi Gaza

Hermansyah
Delegasi Senior Hamas di Kairo Membahas Situasi Gaza
Kepala Biro Politik Gerakan Perlawanan Hamas, Ismail Haniyeh

Jakarta, HanTer - Delegasi Hamas memasuki ibukota Mesir untuk membahas perkembangan politik terbaru mengenai Jalur Gaza yang diblokade yang baru-baru ini dilanda perang Israel tetapi membalas agresi dengan manuver pertahanan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Para pejabat, yang tiba di kota itu atas undangan Kairo pada Selasa, dipimpin oleh Kepala Biro Politik gerakan perlawanan yang berbasis di Gaza, Ismail Haniyeh, kata Hamas dalam sebuah pernyataan.

Mousa Abu Marzouq, wakil pemimpin Hamas, dan Saleh al-Arouri, wakil Haniyeh, menemani delegasi bersama lima tokoh senior lainnya dari kelompok itu.

Lebih dari 260 warga Palestina, termasuk 66 anak-anak, 39 wanita, dan 17 orang tua, menjadi martir, dan 1948 lainnya terluka selama perang bulan lalu.

Rezim melancarkan serangan setelah wilayah pesisir bangkit sebagai protes atas eskalasi rezim Israel yang menargetkan warga Palestina di wilayah dekat Tepi Barat yang diduduki Tel Aviv.

Pernyataan itu mengatakan pembicaraan tersebut menampilkan fokus "khusus" pada Operasi Pedang al-Quds.

Kelompok perlawanan Gaza meluncurkan kampanye bersenjata untuk mempertahankan kantong Palestina dan wilayah Palestina lainnya dari agresi Israel selama perang 12 hari.

Kelompok Gaza menembakkan lebih dari 4.000 roket ke wilayah pendudukan selama operasi, akhirnya memaksa rezim untuk menuntut gencatan senjata.

Mesir telah berulang kali terlibat dalam proses negosiasi yang melibatkan Palestina dan Tel Aviv di masa lalu, termasuk perang terbaru.

#Hamas   #Palestina   #Mesir   #IsmailHaniyeh   #