Biden Yakin Ada Prospek Nyata Peningkatkan Signifikan Hubungan AS-Rusia
Foto : Presiden Amerika Serikat Joe Biden

Jakarta, HanTer - Presiden Amerika Serikat Joe Biden memberikan nada realistis dan rasa keoptimisannya ketika menggambarkan pertemuan puncaknya dengan pemimpin Rusia Vladimir Putin di Jenewa, Swiss pada Rabu waktu setempat terhadap apa yang akan terjadi selanjutnya.

Biden mengatakan bulan-bulan mendatang akan menjadi "ujian" apakah diskusi mereka hari ini akan terbukti membawa negara-negara lebih dekat ke kemajuan.

"Apa yang akan terjadi selanjutnya? Kita akan dapat melihat ke belakang, melihat ke depan, dalam tiga hingga enam bulan dan berkata, apakah hal-hal yang kita sepakati untuk duduk bersama dan berhasil, apakah itu berhasil? Apakah kita lebih dekat ke pembicaraan stabilitas strategis utama dan kemajuan?" kata Biden kepada wartawan pada konferensi pers tunggalnya usai bertemu Putin.

“Itu akan menjadi ujian. Saya tidak duduk di sini mengatakan karena presiden dan saya setuju bahwa kami akan melakukan hal-hal ini yang tiba-tiba akan berhasil. Saya tidak mengatakan itu," tuturnya.

Apa yang saya katakan adalah saya pikir ada prospek nyata untuk secara signifikan meningkatkan hubungan antara kedua negara kita, tanpa kita melepaskan satu hal pun, berdasarkan prinsip dan nilai-nilai kita," lanjut Biden.

Biden mencatat bahwa tidak ada ancaman selama pertemuannya dengan Putin.