ISIS Mengaku Bertanggung Jawab atas Serangan Roket di Bandara Kabul
Foto : Citra satelit milik MAXAR, pada 27 Agustus 2021, menunjukkan area di sekitar Gerbang Biara di Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul.

Jakarta, HanTer - ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan roket di bandara Kabul pada hari Senin, kata kelompok itu Nasher News di saluran Telegramnya.

“Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, para prajurit Khilafah menargetkan Bandara Internasional Kabul dengan enam roket Katyusha,” katanya.

Pertahanan anti-rudal AS mencegat sebanyak lima roket yang ditembakkan ke bandara Kabul Senin pagi, kata seorang pejabat AS.

Sementara itu, kelompok negara-negara yang telah bersatu untuk memerangi ISIS, termasuk AS, merilis sebuah pernyataan yang berjanji untuk bekerja untuk melenyapkan kelompok itu dan secara khusus membidik afiliasinya di Afghanistan yang bertanggung jawab atas serangan roket hari Senin di bandara Kabul.

"Kami akan mengerahkan semua elemen kekuatan nasional - militer, intelijen, diplomatik, ekonomi, penegakan hukum - untuk memastikan kekalahan organisasi teroris brutal ini," kata koalisi dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Departemen Luar Negeri AS, yang juga mengatakan negara akan “mengidentifikasi dan membawa anggota mereka ke pengadilan.”