Lebanon Sebut Israel Langgar Perjanjian Perbatasan Laut
Foto : Perbatasan laut Lebanon - Israel

Jakarta, HanTer - Lebanon mengecam persiapan Israel untuk eksplorasi minyak dan gas di wilayah maritim yang disengketakan antara kedua negara.

"Pemberian Israel “kontrak eksplorasi lepas pantai kepada Halliburton Company atau pihak lain di wilayah yang disengketakan merupakan pelanggaran dan pukulan terhadap kerangka perjanjian yang disponsori oleh AS dan PBB,” kata Ketua Parlemen Lebanon Nabih Berri dalam sebuah pernyataan.

Pernyataan itu muncul sebagai tanggapan atas laporan bahwa Tel Aviv memberi Halliburton kontrak untuk melakukan eksplorasi minyak dan gas di wilayah yang disengketakan.

Lebanon terkunci dalam perselisihan dengan Israel atas wilayah di Laut Mediterania yang membentang sekitar 860 kilometer persegi (sekitar 332 mil persegi), yang dikenal sebagai Zona No. 9, yang kaya dengan minyak dan gas.

Perbatasan laut antara Lebanon dan Israel belum pernah terjadi konflik militer, tidak seperti perbatasan darat mereka.

Kelompok Hizbullah Lebanon mengontrol daerah yang berbatasan dengan Israel, dan ketegangan sporadis terjadi dari waktu ke waktu ketika Tel Aviv menuduh kelompok Syiah berusaha untuk menembus perbatasan.