Fumio Kishida Akan Jadi PM Jepang
Foto :

Tokyo, HanTer - Mantan menteri luar negeri Fumio Kishida pada Rabu memenangkan pemilihan ketua Partai Demokratik Liberal (LDP) sehingga ia terjamin akan menjadi perdana menteri Jepang yang baru dalam beberapa hari mendatang.

 

 

Ketika menyampaikan pidato kemenangan, Kishida berjanji untuk memimpin transformasi LDP dalam pemilihan umum --yang akan berlangsung beberapa pekan mendatang.

 

 

Ia juga menyatakan tekad untuk terus memerangi pandemi COVID-19, yang telah menghantam perekonomian Jepang.

 

 

Kishida, yang akan menggantikan Perdana Mentero Yoshihide Suga, hampir pasti akan menjadi perdana menteri --saat sidang parlemen berlangsung pada 4 Oktober-- karena LPD memiliki kursi mayoritas di dewan perwakilan rakyat.

 

 

Dalam pemungutan suara putaran kedua LDP pada Rabu, Kishida mengalahkan mantan menteri pertahanan dan luar negeri, Taro Kano.

 

 

Dua perempuan yang menjadi saingannya, Sanae Takaichi (60 tahun) dan Seiko Noda (61 tahun) tersingkir pada putaran pertama.

 

 

Ucapkan Selamat

 

 

Sementara itu, tokoh nasional DR. Rizal Ramli mengucapkan selamat dan sukses kepada Fumio Kishida yang terpilih jadi Ketua LDP, otomatis menjadi Perdana Menteri Jepang yg baru. 

 

 

Rizal Ramli menyatakan, dirinya bertemu dengan Fumio Kishida, eks Menlu dan Ketua Policy Committee, LDP Partai Berkuasa di Jepang akhir Januari 2018.