Penggambar Kartun Nabi Muhammad asal Swedia Tewas dalam Kecelakaan Mobil
Foto : Lars Vilks

Jakarta, HanTer - Seniman Swedia Lars Vilks, yang menimbulkan kontroversi di seluruh dunia pada 2007 dengan gambar-gambar menyinggung Nabi Muhammad, tewas dalam kecelakaan mobil di dekat kota selatan Markaryd pada hari Minggu waktu setempat, kata polisi.

Vilks, 75, yang hidup di bawah perlindungan polisi sejak gambar-gambar itu diterbitkan, sedang bepergian dengan kendaraan polisi yang bertabrakan dengan truk. Dua petugas polisi juga tewas.

“Ini adalah kejadian yang sangat tragis. Sekarang penting bagi kita semua bahwa kita melakukan segala yang kita bisa untuk menyelidiki apa yang terjadi dan apa yang menyebabkan tabrakan. Awalnya, tidak ada yang menunjukkan keterlibatan orang lain," kata polisi Swedia dalam sebuah pernyataan, Senin (4/10/2021).

Sejak penerbitan kartun, Vilks telah hidup di bawah penjagaan polisi sepanjang waktu menyusul ancaman terhadap hidupnya. Dia memiliki hadiah di kepalanya dan rumahnya dibom api.

Pada 2015, satu orang tewas di Kopenhagen, Denmark, pada pertemuan yang dimaksudkan untuk menandai peringatan 25 tahun fatwa Iran terhadap penulis Inggris Salman Rushdie, yang dihadiri Vilks. Vilks secara luas dilihat sebagai target yang dituju.

Vilks mengatakan bahwa kartun itu tidak dimaksudkan untuk memprovokasi umat Islam, tetapi untuk menantang kebenaran politik di dunia seni. Hermansyah