UEA Umumkan Misi Luar Angkasa Baru Menjelajahi Venus
Foto : Ilustrasi planet Venus

Jakarta, HanTer - Uni Emirat Arab akan meluncurkan misi luar angkasa baru untuk menjelajahi Venus dan sabuk asteroid tata surya, pemerintah UEA mengumumkan dalam sebuah tweet Selasa (5/10/2021).

Rencana termasuk pendaratan pesawat di salah satu asteroid, menandai pertama kalinya misi luar angkasa Arab mendarat di asteroid, kata penguasa Dubai Mohammed bin Rashid dalam sebuah tweet.

“Peluncuran proyek baru untuk menjelajahi Venus dan sabuk asteroid menetapkan tujuan baru yang ambisius untuk program luar angkasa negara kita yang sedang berkembang,” kata Mohammed bin Zayed, Putra Mahkota ibukota Abu Dhabi dalam sebuah tweet.

“UEA bertekad untuk memberikan kontribusi yang berarti bagi eksplorasi ruang angkasa, penelitian ilmiah, dan pemahaman kita tentang tata surya.”

Mars telah ditargetkan oleh program luar angkasa UEA dengan wahana Hope-nya, yang memasuki orbit planet merah pada Februari 2021.

Hope mengumpulkan data tentang atmosfer Mars dengan menggunakan berbagai kamera cahaya tampak dan inframerah.

Misi asteroid akan melibatkan perjalanan 3,6 miliar kilometer, tujuh kali lebih jauh dari Bumi daripada Misi Mars Emirates, kata Mohammed bin Rashid dalam sebuah tweet.

Venus, di sisi lain, kurang dari setengah jarak Mars dari bumi, pada 128 juta kilometer dibandingkan dengan Mars 395 juta kilometer.

Venus adalah planet terdekat dengan Bumi dan merupakan yang pertama dieksplorasi oleh pesawat ruang angkasa dengan Mariner 2 NASA, yang terbang pada tahun 1962.

Beberapa pesawat Soviet mendarat di permukaan planet, tetapi tidak bertahan lama karena tekanan udara yang kuat (setara dengan satu mil di bawah air di bumi) dan suhu, yaitu sekitar 475 derajat Celcius di permukaan. Hermansyah