Lavrov dan Blinken Bahas Kesepakatan Nuklir Iran
Foto : Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken (kiri) dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov

Jakarta, HanTer - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov membahas pemulihan kembali kesepakatan Rencana Aksi Komprehensif Gabungan (JCPOA),yang juga dikenal sebagai kesepakatan nuklir Iran, dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dalam perbincangan telepon pada Rabu (6/10/2021).

Kementerian Luar Negeri Rusia dalam pernyataan di situs resminya, percakapan melalui telepon itu diprakarsai oleh AS.

“Kedua menteri bertukar pandangan tentang prospek untuk memulihkan implementasi penuh Rencana Aksi Komprehensif Bersama untuk penyelesaian Program Nuklir Iran (JCPOA) dan juga membahas sejumlah topik dalam agenda bilateral,” kata pernyataan Kemenlu Rusia.

Pembahasan itu terjadi menjelang pertemuan Lavrov dengan Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian, yang tiba di Moskow pada Rabu pagi waktu setempat.

Delegasi dari penandatangan JCPOA yakni Inggris, Prancis, Jerman, Rusia, dan China meluncurkan langkah diplomasi pada April untuk membawa Teheran dan Washington, yang meninggalkan kesepakatan pada 2018, kembali ke meja perundingan.

Setelah memenangkan pemilu pada 18 Juni lalu, Presiden Iran Ebrahim Raisi telah menangguhkan negosiasi nuklir dengan AS di Wina dan Iran menuntut agar semua sanksi Barat dicabut. Hermansyah