Rusia Laporkan Rekor Kematian Harian Kasus Covid-19
Foto : Rusia mencatat 31.299 infeksi baru dan 986 kematian akibat Covid-19 selama 24 jam terakhir

Jakarta, HanTer - Otoritas Rusia pada Kamis (14/10/2021) melaporkan angka tertinggi untuk infeksi virus corona baru dan kematian selama 24 jam, lantaran upaya vaksinasi negara itu sangat lambat, meski beberapa pembatasan diberlakukan.

Pejabat mencatat, setidaknya 31.299 infeksi baru dan 986 kematian akibat Covid-19 selama 24 jam, menjadikan total kematian Rusia menjadi 220.315, korban tertinggi di Eropa.

Wabah yang melonjak datang dengan hanya 31 persen orang Rusia yang diinokulasi penuh, menurut situs web Gogov, yang menghitung data Covid-19 dari wilayah Rusia.

Kurangnya pembatasan ketat telah memungkinkan virus menyebar, meskipun sejumlah daerah telah memperkenalkan kembali kode QR untuk akses ke tempat-tempat umum.

Kremlin telah menolak keras untuk menerapkan kembali pembatasan besar meskipun menyebut tingkat vaksinasi negara itu "sangat rendah" dengan mengatakan minggu ini bahwa pihak berwenang harus memastikan "ekonomi terus bekerja".

Menteri Kesehatan Mikhail Murashko pada hari Kamis menyalahkan penyebaran pada perilaku orang Rusia dan meminta mereka untuk divaksinasi. "Jika kami tidak menerapkan langkah-langkah pembatasan umum sekarang, kami menghadapi risiko peningkatan kasus yang berkelanjutan," katanya seperti dikutip oleh kantor berita negara TASS.

Sementara beberapa suntikan yang dikembangkan Rusia telah tersedia selama berbulan-bulan, pihak berwenang telah berjuang untuk menyuntik populasi yang skeptis terhadap vaksin.

Jajak pendapat independen menunjukkan bahwa lebih dari setengah orang Rusia tidak berencana untuk mencoba.

Moskow - pusat wabah Rusia - sejauh ini menghindari penerapan kembali pembatasan, tetapi pada hari Senin mengumumkan bahwa mereka akan membuka dua lusin situs di sekitar ibu kota di mana penduduk bisa mendapatkan tes ekspres gratis.

Pakar independen menuduh pihak berwenang meremehkan tingkat keparahan epidemi Rusia. Di bawah definisi kematian yang lebih luas terkait dengan virus, badan statistik Rosstat mengatakan pekan lalu bahwa pada akhir Agustus, lebih dari 400.000 orang Rusia dengan virus corona telah meninggal.