AS Berkomitmen Bela Arab Saudi
Foto : Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan di Departemen Luar Negeri, 14 Oktober 2021.

Jakarta, HanTer - Amerika Serikat (AS) berkomitmen untuk membela Arab Saudi. Hal tersebut diungkapkan Menteri Luar Negeri Antony Blinken, menjelang pertemuan dengan timpalannya dari Saudi Pangeran Faisal bin Farhan.

“Sangat menyenangkan memiliki teman dan kolega saya, Menteri Luar Negeri Saudi di sini,” kata Blinken di Departemen Luar Negeri menjelang pertemuan tertutup mereka.

Diskusi diharapkan menyentuh Iran, Yaman, perubahan iklim dan energi, Blinken menambahkan.

“Kami memiliki kemitraan yang kuat antara Amerika Serikat dan Arab Saudi. Kami berkomitmen untuk membela Kerajaan, dan kami memiliki banyak pekerjaan yang kami lakukan bersama dalam berbagai masalah yang sangat signifikan,” kata diplomat tinggi AS itu.

Sementara itu, Pangeran Faisal memuji “nilai luar biasa dan sangat besar” dari hubungan bilateral antara Washington dan Riyadh.

Mengutip isu yang sama yang akan dibahas, serta pemulihan dari Covid-19, Pangeran Faisal mengatakan mereka menunjukkan betapa pentingnya kemitraan itu.