Robot Anjing dengan Senapan Diluncurkan di Pameran Dagang Angkatan Darat AS
Foto : Anjing robot yang dijuluki teman terbaik pejuang perang, dilengkapi dengan SPUR (Special Purpose Unmanned Rifle)

Jakarta, HanTer - Anjing robot yang dipersenjatai dengan senapan diresmikan pada acara tahunan Asosiasi Angkatan Darat AS di Washington, DC, menurut laporan media AS.

Anjing robot dibuat oleh Ghost Robotics yang berbasis di Philadelphia, yang mengembangkan robot dan drone darat untuk pasar militer, keamanan dalam negeri, dan perusahaan.

Dijuluki "teman terbaik pejuang perang," robot ini dilengkapi dengan SPUR (Special Purpose Unmanned Rifle) yang diproduksi oleh SWORD (Special Warfare Operations Research Development).

Menurut majalah sains dan teknologi New Scientist, Ghost Robotics telah mengembangkan robot berkaki empat sejak 2015. Robot-robot tersebut sangat mobile, mampu melintasi medan terjal yang mungkin sulit bagi mesin beroda.

Ghost Robotics mengatakan robot anjing dikendalikan sepenuhnya oleh operator jarak jauh, sejalan dengan kebijakan Pentagon yang menyatakan bahwa semua senjata robot harus berada di bawah kendali operator manusia.

Ghost Robotics juga mengatakan robot itu dipilih oleh pelanggan karena kemampuannya untuk bergerak di medan yang sulit, memungkinkannya mengambil posisi menembak yang cocok untuk tembakan penembak jitu." Hermansyah