Presiden Biden Bertemu Macron Hari Jumat di Roma
Foto : Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden Prancis Emmanuel Macron

Jakarta, HanTer - Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan bertemu dengan timpalannya dari Prancis Presiden Emmanuel Macron di Roma pada hari Jumat (29/10/2021) mendatang, Gedung Putih mengatakan Selasa (26/10/2021).

"Pertemuan bilateral akan dilakukan menjelang KTT G20 di ibukota Italia. Biden akan bertemu Paus Fransiskus di Vatikan pada hari yang sama," kata penasihat keamanan nasional Jake Sullivan kepada wartawan.

Pertemuan Biden-Macron disebut-sebut sebagai kesempatan untuk menyelesaikan perselisihan yang meletus setelah Australia membatalkan kesepakatan untuk membeli kapal selam konvensional Prancis demi rencana baru untuk mengakuisisi kapal selam bertenaga nuklir AS.

Episode itu melihat Prancis tidak hanya dilucuti dari kontrak yang menguntungkan, tetapi juga mendorong Paris untuk mempertanyakan hubungan transatlantiknya.

Macron secara singkat memanggil duta besar Prancis untuk Washington, sementara Menteri Luar Negeri Jean-Yves Le Drian membandingkan metode sepihak Biden dengan mantan presiden Donald Trump tetapi tanpa tweet di media sosial.

Biden berangkat ke Roma pada hari Kamis (28/10/2021), dan akan mengikuti pertemuan G20 pada akhir pekan dengan KTT iklim PBB di Glasgow pada hari Senin dan Selasanya. Hermansyah