Angkatan Laut China Bermanuver dekat Taiwan
Foto : Kapal perang China

Jakarta, HanTer - Tentara China sedang melakukan latihan militer di dekat Taiwan, sebagai tanggapan atas kunjungan delegasi dari Kongres AS ke pulau itu, pada saat Beijing mengkonfirmasi kesiapannya untuk bekerja dengan Washington untuk menyelesaikan perbedaan.

Kementerian Pertahanan China mengatakan dalam sebuah pernyataan kemarin bahwa latihan di wilayah Selat Taiwan adalah langkah yang diperlukan untuk menjaga kedaulatan nasional. Pernyataan itu tidak menyebutkan waktu manuver, pasukan yang berpartisipasi, dan lokasi persisnya.

Pernyataan itu menambahkan bahwa "patroli persiapan perang gabungan" yang dilakukan oleh "Komando Teater Timur" militer China dimotivasi oleh "kata - kata dan tindakan yang salah dari negara-negara terkait tentang masalah Taiwan" dan tindakan mereka yang menganjurkan kemerdekaan Taiwan. 

Amerika Serikat memiliki hubungan informal yang kuat dengan Taiwan, ketegangan antara Amerika Serikat dan Cina meningkat dalam banyak masalah, termasuk Hong Kong, Laut Cina Selatan, pandemi virus corona, dan perdagangan.

Belum ada rincian tentang delegasi AS, yang dilaporkan telah tiba di Taiwan pada hari Selasa. Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pertahanan China mengecam keras kunjungan tersebut, dengan mengatakan, "Tidak ada yang boleh meremehkan tekad PLA untuk melindungi kedaulatan nasional dan integritas teritorial rakyat China."

Kedua belah pihak berpisah selama perang saudara 1949, dan setelah periode pemulihan hubungan yang singkat, ketegangan meningkat antara kedua negara selama masa pemerintahan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen yang condong pada kemerdekaan.

Dalam konteks lain, Presiden China Xi Jinping mengatakan dalam sebuah pernyataan yang diposting di situs web kedutaan besar China di Washington bahwa "China siap bekerja dengan Amerika Serikat untuk mengelola perbedaan dengan benar."

“Sesuai dengan prinsip saling menghormati, hidup berdampingan secara damai, dan kerja sama yang saling menguntungkan, Tiongkok bersedia bekerja sama dengan Amerika Serikat untuk memperkuat pertukaran dan kerja sama di segala bidang, dan bersama-sama mengatasi masalah regional dan internasional serta tantangan global,” Xi Jinping mengatakan dalam pesan ucapan selamat kepada Komisi Nasional Hubungan AS-China .

Dia menekankan perlunya mengelola perbedaan dengan benar untuk membawa hubungan China-AS kembali ke jalur yang benar dari perkembangan yang sehat dan stabil.