Pfizer Tandatangani Kesepakatan Obat Antivirus Oral Covid-19 Senilai $5,29 Miliar dengan AS
Foto : Pfizer

Jakarta, HanTer - Pfizer Inc telah menandatangani kesepakatan senilai $ 5,29 miliar dengan pemerintah AS untuk memberikan 10 juta kursus obat antivirus oral Covid-19 mulai tahun ini, kata pembuat obat itu pada hari Kamis (18/11/2021).

Obat oral bisa menjadi senjata baru yang menjanjikan dalam perang melawan pandemi, karena dapat digunakan sebagai perawatan awal di rumah untuk membantu mencegah rawat inap dan kematian Covid-19.

Sebelumnya, Pfizer pada hari Selasa mengajukan otorisasi AS untuk obat tersebut, paxlovid dan mengatakan pihaknya mengharapkan untuk memproduksi 180.000 kursus pengobatan pada akhir bulan depan dan setidaknya 50 juta kursus pada akhir tahun 2022.

“Perawatan yang menjanjikan ini dapat membantu mempercepat jalan kita keluar dari pandemi ini dengan menawarkan alat penyelamat lain bagi orang-orang yang sakit dengan Covid-19,” kata Xavier Becerra, sekretaris Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Amerika Serikat.

Perusahaan awal bulan ini mengatakan obat itu mengurangi 89 persen kemungkinan rawat inap atau kematian bagi orang dewasa yang berisiko penyakit parah.

Hasil uji coba menunjukkan bahwa obat Pfizer melampaui pil Merck & Co Inc, molnupiravir, yang ditunjukkan bulan lalu untuk mengurangi separuh kemungkinan kematian atau dirawat di rumah sakit untuk pasien Covid-19 yang berisiko tinggi penyakit serius.

Pemerintah AS juga telah menandatangani kontrak senilai $2,2 miliar untuk kursus obat Merck.