Puluhan Ribu Orang Berdemo Menentang Tindakan Covid-19 di Belgia
Foto : Aksi unjuk rasa di Belgia, menentang tindakan tegas Covid-19 yang diberlakukan pemerintah

Jakarta, HanTer - Puluhan ribu orang berbaris melalui pusat kota Brussel pada Minggu (21/11/2021) untuk memprotes tindakan tegas Covid-19 yang telah diberlakukan pemerintah untuk melawan lonjakan terbaru dalam kasus virus corona.

Banyak orang dalam demonstrasi besar yang diperkirakan polisi mencapai 35.000 orang juga memprotes saran keras untuk mendapatkan vaksinasi dan setiap gerakan untuk memaksakan suntikan wajib.

Meneriakkan “Kebebasan, kebebasan, kebebasan,” dan menyanyikan lagu anti-fasis “Bella Ciao,” pengunjuk rasa berbaris di belakang spanduk besar bertuliskan “Bersama untuk Kebebasan.”

Di tengah kerumunan, tanda-tanda bervariasi dari lencana sayap kanan hingga bendera koalisi pelangi komunitas LGBT.

Ada bom asap dan petasan, tetapi tidak ada kekerasan yang patut dicatat ketika pawai pertama mencapai titik akhir di luar markas besar Uni Eropa.

Selama beberapa hari terakhir, telah terjadi pawai di banyak negara Eropa ketika satu demi satu pemerintah memperketat tindakan. Polisi Belanda menangkap lebih dari 30 orang selama kerusuhan di Den Haag dan kota-kota lain di Belanda pada hari Sabtu, menyusul kekerasan yang jauh lebih buruk pada malam sebelumnya.