Mahan Air Iran Gagalkan Serangan Siber, Penerbanganpun Beroperasi Sesuai Jadwal
Foto : Ilustrasi Mahan Air Iran

Jakarta, HanTer - Mahan Air Iran telah mengumumkan telah menggagalkan serangan siber yang menargetkan sistem internal perusahaan dan bahwa semua penerbangan beroperasi sesuai jadwal.

"Segera setelah serangan siber diluncurkan, tim keamanan siber Mahan Air beraksi untuk menggagalkan ancaman itu," kata juru bicara Mahan Air di TV pemerintah, Minggu (21/11/2021).

Amirhossein Zolanvari mengatakan dalam pengumuman bahwa itu bukan pertama kalinya maskapai itu diserang siber. “Sudah beberapa kali menjadi incaran karena posisinya yang penting di industri penerbangan Tanah Air,” ujarnya.

Zolanvari menambahkan bahwa serangan siber terbaru tidak menyebabkan masalah besar dan semua penerbangan internasional dan domestik Mahan Air beroperasi sesuai jadwal. Namun, situs web perusahaan sedang down dan tim keamanan siber sedang bekerja untuk memulihkannya.

Sektor swasta Mahan Air adalah maskapai penerbangan terbesar kedua di negara itu setelah Iran Air. Bulan lalu, SPBU di Iran diserang siber, menargetkan layanan pengiriman bahan bakar online di negara itu.

Sebelum itu, serangan siber lain telah menghantam sistem Kereta Api Republik Islam Iran. Dewan Tertinggi Dunia Maya Iran mengatakan bulan lalu bahwa serangan siber mungkin dilakukan dari luar negeri.

Sebelumnya, Fars News menerbitkan informasi pribadi yang diperolehnya tentang seorang perwira senior Israel yang terlibat dalam serangan siber terhadap sasaran Iran. Hermansyah