Austria Lakukan Penguncian Keempat Covid-19, Matikan Kehidupan Publik
Foto : Sebuah demonstrasi yang diadakan oleh Partai Kebebasan FPOe sayap kanan Austria menentang langkah-langkah yang diambil untuk mengekang pandemi virus corona (Covid-19), di alun-alun Maria Theresien Platz di Wina, Austria pada 20 November 2021.

Jakarta, HanTer - Austria mematikan kehidupan publik pada hari Senin (22/11/2021), ketika penguncian Covid-19 nasional keempat dimulai di negara tersebut, sehingga menjadikannya negara Eropa barat pertama yang menerapkan kembali tindakan drastis dan tidak populer pada musim gugur ini dalam menghadapi lonjakan infeksi virus corona.

Penguncian ini mirip dengan yang sebelumnya tetapi yang pertama diperkenalkan sejak vaksin tersedia secara luas. Sebagian besar tempat orang berkumpul, seperti restoran, kafe, bar, teater, toko non-esensial dan penata rambut, awalnya tidak dapat dibuka selama 10 hari dan mungkin hingga 20 hari, kata pemerintah.

Pasar Natal, daya tarik besar bagi wisatawan yang baru saja mulai dibuka, juga harus ditutup kembali, tetapi dalam perubahan menit terakhir, lift ski dapat tetap terbuka untuk yang divaksinasi. 

“Ini adalah situasi di mana kita harus bereaksi sekarang. Penguncian, metode yang relatif sulit, palu godam, adalah satu-satunya pilihan untuk mengurangi jumlah (infeksi) di sini,” kata Menteri Kesehatan Wolfgang Mueckstein kepada ORF TV pada Minggu malam waktu setempat.

Pemerintah yang dipimpin konservatif memberlakukan penguncian pada yang tidak divaksinasi minggu lalu tetapi infeksi harian terus meluas jauh di atas puncak sebelumnya yang dicapai setahun yang lalu dan tempat perawatan intensif hampir habis.

Pada hari Jumat, pemerintah mengumumkan akan memberlakukan kembali penguncian penuh pada hari Senin dan akan mewajibkan vaksinasi pada 1 Februari, sebuah langkah yang telah diambil beberapa negara.

Orang-orang dapat meninggalkan rumah mereka untuk sejumlah alasan terbatas seperti pergi bekerja atau membeli kebutuhan pokok. Berjalan-jalan diperbolehkan tanpa batasan waktu atau jarak. Hanya satu orang dari rumah tangga lain yang dapat ditemui dalam satu waktu.

Tempat kerja dan sekolah akan tetap buka, tetapi pemerintah telah meminta orang tua untuk menjaga anak-anak mereka di rumah jika memungkinkan.