Pentagon Bentuk Kelompok Baru untuk Menyelidiki UFO
Foto : File foto penampakan UFO yang diambil oleh Angkatan Laut AS dan dirilis oleh Pentagon

Jakarta, HanTer - Departemen Pertahanan Amerika Serikat Selasa malam waktu setempat atau Rabu (24/11/2021) WIB, mengatakan akan membentuk kelompok baru untuk menyelidiki laporan tentang keberadaan UFO di wilayah udara terbatas.

Pembentukan kelompok itu terjadi setelah pemerintah merilis laporan pada bulan Juni lalu yang mencakup 144 pengamatan, dengan mengatakan ada kekurangan data yang cukup untuk menentukan sifat benda terbang misterius.

Grup baru, Grup Sinkronisasi Identifikasi dan Manajemen Objek Lintas Udara, akan diawasi oleh Wakil Menteri Pertahanan untuk Intelijen, direktur Staf Gabungan dan pejabat dari Kantor Direktur Intelijen Nasional.

Wakil Menteri Pertahanan Kathleen Hicks mengatakan dalam sebuah pernyataan terpisah, kehadiran fenomena udara tak dikenal (UAP) di wilayah udara terbatas menimbulkan potensi risiko keselamatan penerbangan bagi awak pesawat dan meningkatkan potensi masalah keamanan nasional.

Kelompok baru yang akan menggantikan Satuan Tugas Fenomena Udara Tak Dikenal Angkatan Laut AS, akan bekerja untuk mendeteksi, mengidentifikasi dan mengaitkan objek, menilai dan mengurangi ancaman terkait, kata Pentagon.

Militer AS telah menghabiskan puluhan tahun membelokkan, menyanggah dan mendiskreditkan pengamatan benda terbang tak dikenal dan "piring terbang" yang berasal dari tahun 1940-an.