Gara-gara Omicron Sebagian Saham Global Anjlok
Foto : Ilustrasi saham anjlok

Jakarta, HanTer - Pasar dunia terus jungkir balik pada setiap berita medis, baik yang mengkhawatirkan atau meyakinkan. Saham global sebagian besar tergelincir pada hari Selasa (30/11/2021), karena investor dengan hati-hati menimbang berapa banyak kerusakan yang mungkin ditimbulkan omicron pada ekonomi global.

Beberapa analis berpikir penurunan ekonomi yang serius, seperti yang terjadi tahun lalu, kemungkinan akan dapat dihindari karena banyak orang telah divaksinasi. Tetapi mereka juga berpikir kembalinya aktivitas ekonomi ke tingkat pra-pandemi, terutama di bidang pariwisata, telah tertunda secara dramatis.

Di dunia yang sudah terkesima oleh varian delta yang lebih menular yang memenuhi rumah sakit lagi di banyak tempat, bahkan di beberapa negara yang sangat divaksinasi, perkembangan terbaru menggarisbawahi perlunya seluruh dunia untuk mendapatkan vaksin.

“Kami memiliki tingkat vaksinasi di Amerika Serikat, di Eropa sebesar 50, 60, 70%, tergantung pada siapa yang Anda hitung. Dan di Afrika, lebih seperti 14, 15% atau kurang. Kami tahu bahwa tidak seorang pun dari kami akan sepenuhnya aman sampai semua orang aman,” kata Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken. Hermansyah